Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah Di Kawasan Taman Bungkul Kota Surabaya

  • Agus Andi Subroto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yadika
Keywords: UKM, Taman Bungkul, Operasional usaha, Kelembagaan , Pelayanan

Abstract

Usaha Kecil Menengah(UKM)  merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan pemerintahan Kota Surabaya khususnya kawasan Taman Bungkul, dimana UKM di wilayah Taman Bungkul sangat memiliki peranan dalam lajunya perekonomian masyarakat dan juga sangat membantu pemerintahan daerah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat ukm juga banyak tercipta unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi daya saing meliputi aspek operasional usaha kecil dan menengah yang dilakukan secara professional serta dikuatkanya kesadaran membuat sebuah kelembagaan yang menaugi setiap pelaku UKM, serta meningkatkan pelayanan yang baik kepada pelanggan atau konsumen. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan usaha kecil menengah yang belum maksimal, serta setiap pelaku UKM yang belum tahu pentingnya sebuah kelembagaan sebuah usaha, serta masih lemahnya kesadaran meningkatkan pelayanan yang baik kepada setiap pelanggan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, A. (2012). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing Berkelanjutan dan Kinerja Usaha Kecil Sektor Perdagangan di Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah, 6(4), 271-280
Alimudin, A. (2018). Model Strategi Pengembangan Positioning Kafe di Surabaya. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 10(2), 156-168.
Daymon, C., & Holloway, I. (2007). Metode-metode riset kualitatif dalam public relations dan marketing communications. Bentang Pustaka.
Hartati, S. (2013). Manajemen Keuangan untuk Usaha mikro, kecil dan menengah.
Hafsah, M. J. (2015). Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). INFOKOP, 12(25).
Hamidah, S. (2016). Analisis Kebijakan Linkage Program Lembaga Keuangan Syariah Dalam Rangka Pemberdayaan UKM di Indonesia. Arena Hukum, 8(2), 185-202.
Hapsari, I. M. (2014). Identifikasi Berbagai Permasalahan yang Dihadapi oleh UKM dan Peninjauan Kembali Regulasi UKM Sebagai Langkah Awal Revitalisasi UKM. PERMANA, 5(2).
Hennink, M. M. (2013). Focus group discussions. Oxford University Press.
Samir, A., & Larso, D. (2011). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UKM Catering di Kota Bandung. Jurnal Manjemen Teknologi, 10(2), 1-12.
Soetrisno, N. (2015). Posisi dan Peran Pembangunan UKM 2004-2009. INFOKOP, 12(25).
Sukwandi, R., & Meliana, M. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja dan Turn Over Intention Karyawan Usaha Kecil Menengah. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 3(1).
Suyahya, I. (2017). KELEMBAGAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DAN PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 1(1), 24-30.
Tambunan, T., & Nasution, P. (2016). Pengkajian Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah yang Berbasis Pengembangan Ekonomi Lokal. Jurnal Pengkajian KUKM, 1(2), 15.
Wiryanto, W. (2012). Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Banjar Baru dalam Rangka Millenium Development Goals 2015.
Https://id.m.wikipedia.org/ di akses tanggal 19 November tahun 2017
Published
2018-02-27