Analisis Pengaruh Promosi, Biaya Studi, Fasilitas Perkuliahan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

  • Kelvin . Sekolah Tinggi Teknik Surabaya
Keywords: promosi, biaya studi, kuliah, kualitas layanan, keputusan mahasiswa

Abstract

Keputusan siswa dalam melanjutkan pendidikan ke pendidikan tinggi dihadapi oleh banyak pertimbangan, seperti tingkat pendidikan, jenis kursus, dan berbagai hal lainnya. Menurut Indrajit ada lima dimensi yang harus dipertimbangkan, dimensi ilmiah, dimensi pendidikan, dimensi sosial, dimensi dimensi korporasi dan etika. Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS) adalah salah satu universitas di Surabaya yang berusaha memberikan pendidikan terbaik di bidang teknologi dan desain. Dalam hal ini, STTS ingin mengetahui hal-hal menjadi pertimbangan dalam memutuskan untuk belajar di STTS, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel promosi, biaya studi, kuliah, dan kualitas layanan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STTS.Analisis dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi keputusan untuk kuliah di STTS. Hasil kuesioner kemudian dianalisis dengan metode statistik untuk menentukan pengaruh masing-masing variabel. Metode analisis yang digunakan adalah regresi.Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel promosi, biaya studi, kuliah, dan kualitas layanan secara bersama-sama mempengaruhi keputusan siswa untuk belajar di STTS. Selain itu, diketahui bahwa variabel yang paling berpengaruh adalah biaya penelitian dengan koefisien 0,451..

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, A. (2017). Model of Customer Value Approach for Improving Satisfaction of the Hospital Patients. SINERGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 7(2).
Alimudin, A. (2017). Strategi Membangun Capaian Pembelajaran Mahasiswa Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Perguruan Tinggi. Dir?s?t: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3(1), 64-80.
Assael, Henry (1987). Customer Behavior & Marketing Actin. Edisi Ketiga. Boston. Kent Publishing Company.
Basu, Swastha (2009). Manajemen Penjualan. Yogyakarta. BPFE.
Buchari, Alma (2006). Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Ferdinand, Agusty (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang. Badan Penerbit Undip.
Indrajit, R.Eko dan R. Djoko Pranoto (2006). Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Yogyakarta. Andi Offset.
Iriyanto, Setia. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Jumlah Mahasiswa Baru dan Analisis Promosi Mix di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Semarang. Jurnal Unimus.
Kevin Lane Keller (2003). Strategic Brand Manajemen, Second Edition, Prentice Hall.
Kotler, Philip (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 (Edisi Kesebelas). Jakarta. Penerbit Indeks.
Kotler, Philip (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 (Edisi Keduabelas). Jakarta. Penerbit Indeks.
Kurniawati, Dyah (2013). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Jurnal Widya Warta No.1.
Lupiyoadi, Hamdani (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Penerbit Salemba Empat
Lupiyoadi, Hamdani (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta. Penerbit Salemba Empat
Maknunah, Jauharul. Pengaruh Biaya Pendidikan dan Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Mahasiswa di STMIK PPKIA PRADNYA PARAMITA Malang. Jurnal Dinamika Dotcom Vol. 4 No. 1.
Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta. PT Ghalia Indonesia.
Sadat, Andi M. (2009). Brand Belief. Jakarta. Salemba empat.
Satryo, Soemantri (2013). Mengatasi deficit sarjana teknik. (www.inspirasi-insinyur.com/2013/01/mengatasi-defisit-sarjana-teknik, diakses pada 7 Mei 2014)
Shimp, Terence (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( edisi 5). Jakarta. Erlangga.
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandy (1996). Manajemen Jasa. Yogyakarta. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy (1999). Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy (2004). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy (2006). Manajemen Pelayanan Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta. Andi Offset.
Umi Kalsum, Eka (2010). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Medan. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu Vol. 3 No.1.
Published
2018-02-27