Strategi Pengembangan Program Studi Dalam Meningkatkan Perolehan Jumlah Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta

  • Dina Novita Universitas Kartini
Keywords: Perguruan Tinggi Swasta, Program Studi, Strategi, SWOT

Abstract

Penerimaan jumlah mahasiswa baru program studi dari sejumlah Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya mengalami kenaikan serta penurunan (fluktuasi). Penurunan jumlah mahasiswa baru yang berkepanjangan, maka akan menimbulkan resiko keuangan pada Perguruan Tinggi Swasta tersebut. Salah satu penyebab penurunan jumlah mahasiswa baru yaitu jumlah Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya yang meningkat, sehingga Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya berlomba-lomba menyusun strategi agar jumlah mahasiswa baru meningkat.Jurusan manajemen Universitas Kartini Surabaya harus mampu menampilkan citra positif sebagai institusi berkualitas yang peduli dengan berbagai perubahan, perkembangan dan tuntutan stakeholders.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi, merumuskan alternatif strategi dan menyusun strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan jurusan Manajemen Universitas Kartini Surabaya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks EFE (Matriks External Evaluation), Matriks IE (Internal External), SWOT. Hasil didapatkan bahwa skor bobot IFE sebesar 2,926, dan skor EFE sebesar 3,021. Sedangkan posisi program studi Manajemen berada pada sel II yang berarti tumbuh dan membangun strategi yang tepat yaitu intergrasi kebelakang, integrasi kedepan atau horizontal, penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, A. (2017). Strategi Membangun Capaian Pembelajaran Mahasiswa Melalui Internalisasi Nilai-Nilai Perguruan Tinggi. Dir?s?t: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 3(1), 64-80.
Alimudin, A. (2017). Model of Customer Value Approach for Improving Satisfaction of the Hospital Patients. SINERGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 7(2).
Alimudin, A. (2015). Strategi pengembangan minat wirausaha melalui proses pembelajaran. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 1(1), 1-13.
Annisa Karimah, Iwang Gumilar, dan Zahidah Hasan. 2012. Analisis Prospektif Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar Di Taman Akuarium Air Tawar (TAAT) Dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Jurnal Perikanan dan Kelautan, Vol. 3, No. 3, September 2012, hal : 145-156. (http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CCoQFjAA&url=http%3A%2F%2Fjurnal.unpad.ac.id%2Fjpk%2Farticle%2Fdownload%2F1425%2F1423&ei=jUVXU6rhI8PrrQfH8IGoBg&usg=AFQjCNEHnRJerrzIVcur9gQF4F0JO8fW4Q&sig2=3KaxJuH6QeAKyCYzFZP61g). Diakses pada tanggal 20 Maret 2014.
Data Kegiatan Yang Dilakukan Di Perusahaan, Borang Akreditasi Program Studi Manajemen Univ. Kartini Surabaya, 2012
Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Jumlah Lulusan SMA Sederajat Kota Surabaya, Surabaya Dalam Angka 2012-2014.
Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Data Jumlah Pekerja Lulusan SMA Sederajat Kota Surabaya, Surabaya Dalam Angka 2012-2014.
Dinas Tenaga Kerja & Mobilisasi Penduduk Kota Surabaya, Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Data Pekerja Yang Ditempatkan Berdasarkan Lowongan Untuk Lulusan Perguruan Tinggi, Surabaya Dalam Angka 2012-2014.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Produk Domestik Regional Bruto Surabaya, Surabaya Dalam Angka 2012-2014.
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Jumlah Penduduk Surabaya, Surabaya Dalam Angka 2012-2014.
David, Fred R. 2006. Strategic Management, edisi ke 10, Salemba Empat, Jakarta.
David, Fred R. 2006. Strategic Management, edisi ke 12, Salemba Empat, Jakarta.
Hamzah Muhammad Ali. 2011. Analisis Strategi Pemasaran Minyak Kelapa Sawit (Crude Palm Oil) Pada PT. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara Jakarta. Skripsi, Program Studi Agribisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1511/1/HAMZAH%20MUHAMMAD%20ALI-FST.PDF. Diakses pada tanggal 20 Maret 2014.
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI, Malang, 24 Mei 2016
Instansi Yang Berkerjasama Dengan Universitas Kartini, Borang Akreditasi Program Studi Manajemen Univ. Kartini Surabaya, 2012.
Kodrat, D. S., (2009), Manajemen Strategi, Membangun Keunggulan Bersaing Era Global di Indonesia Berbasis Kewirausahaan, Yogyakarta : Graha Ilmu.
Kopertis Wilayah 7 Jawa Timur, Ban-PT Kemdiknas 2015, Data Perguruan Tinggi Swasta Dengan Prodi Manajemen. (http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php). Diakses pada tanggal 1 April 2015.
Daya Tampung Prodi Manajemen Di PTN, Panitia Penerimaan mahasiswa baru UNAIR & UNESA 2012-2014.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rangkuti, Fredy. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis : Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis Untuk Menghadapi Abad 21. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Siagian, S.P. (2007). Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sofyan. (2006). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Hunafa Vol. 3, No. 3, hal. 319-326. (http://hunafa.stain-palu.ac.id/wp-content/uploads/2012/02/10-Sofyan-Madina.pdf). Diakses pada tanggal 20 Maret 2014.
Suhartini. (2012). Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. Jurnal MATRIK Teknik Industri Universitas Muhammadyah Gresik, Vol. XII, No. 2, Maret 2012. (http://jurnal.itats.ac.id/wp-content/uploads/2013/06/ANALISA-SWOT-DALAM-MENENTUKAN-STRATEGI-PEMASARAN-PADA-PERUSAHAAN-1.pdf). Diakses pada tanggal 20 Maret 2014.
Umar, Husein. (2002). Strategic Management In Action. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uus MD Fadli, Edi Suswardji, Lukman Ismail. (2012). Analisis Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Studi Kepuasan Pelanggan Listrik Pra Bayar di PT. PLN (Persero) Rayon Kosambi). Jurnal Manajemen, Vol. 10, No. 1, Oktober 2012. (http://jurnal.feunsika.ac.id/wp-content/uploads/2013/05/ANALISIS-STRATEGI-PELAYANAN-DALAM-MENINGKATKAN-KEPUASAN-PELANGGAN.pdf). Diakses pada tanggal 20 Maret 2014.
Published
2018-02-27