Pengaruh Faktor – Faktor Kebutuhan Pekerja Terhadap Labor Turn Over Pada Pekerja Bagian Produksi PT. “ X“ Di Sidoarjo

  • Tubagus Purworusmiardi Universitas Narotama
Keywords: Labor Turn Over, company image , gaji, lingkungan kerja, penghargaan

Abstract

Adanya ketidak sesuaian antara pihak perusahaan dengan pekerja, tentunya dapat menyebabkan ketidakpuasan.Ketidakpuasan karena rendahnya gaji, lingkungan kerja yang tidak memadai, rekan-rekan kerja yang tidak menyenangkan, kurangnya penghargaan atas pekerja, dan kebutuhan pekerja yang lain dapat menimbulkan pemikiran pekerja untuk keluar atau tidak ingin bekerja di perusahaan tersebut. Jika sampai terjadi akhirnya pekerja tersebut mengundurkan diri dari perusahaan, maka hal ini akan sangat merugikan bagi perusahaan. Karena selain perusahaan kehilangan tenaga kerja yang produktif dan berkualitas, perusahaan juga harus merekrut lagi tenaga kerja yang baru untuk menggantikan tenaga kerja yang keluar, dimana hal ini akan sangat membutuhkan biaya, tenaga, dan waktu yang tidak sedikit, serta dapat menurunkan citra dari perusahaan ( company image )Dari Hasil penelitian yang dilakukan, yang menunjukkan bahwa Labor Turn Over pekerja dipengaruhi oleh faktor-faktor kebutuhan pekerja yaitu upah, keterjaminan pekerjaan, teman-teman sekerja yang menyenangkan, penghargaan atas hasil pekerjaan yang dilakukan, pekerjaan yang berarti, kesempatan untuk maju, kondisi kerja yang nyaman,aman dan menarik, kepemimpinan yang mampu dan adil, perintah dan pengarahan yang masuk akal, dan organisasi yang relevan dari segi sosial secara bersama-sama sebesar 61.31 % sedangkan sisanya sebesar 38.69 % merupakan pengaruh dari faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Faktor yang dominan mempengaruhi Labor Turn Over adalah faktor upah.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, A., Septian, D., Sasono, A. D., & Wulandari, A. (2017). Effect of Spiritual Leadership to Organizational Culture and Employee’s Loyalty. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 76-86.
Alimudin, A. (2017). Peran Sistem Manajemen Kinerja, Kompetensi Pegawai dan Promosi Jabatan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(3), 155-165.
Alex S. Nitisemito, Manajemen Personalia, Cetakan Kelima, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1984.
Edwin B. Flippo, Personnel Management, Fifth Edition, Mc Graw hill Kogakusha, Tokyo,1980.
G.R Terry, Prinsip-prinsip Manajemen, Cetakan Keempat, Terjemahan, Alumni,
Bandung, 1984.
Paul Hersey and Kenneth H. Blancard, Management of Organizational Behaviour, Fourth Edition, Prentice Hall, Inc., New york, 1982.
T. Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, BPFE, Yogyakarta, 1993.
William H. Mobley, Pergantian Karyawan : Sebab Akibat dan Pengandilannya, Cetakan I, Terjemahan IPPM dan P.T. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1986.
William H. Hines and Douglas C. Montgomery, Probabilitas Statistik Dalam Ilmu Rekayasa Dan Manajemen, Edisi Kedua, Terjemah.
Published
2018-02-27