PENGARUH SUMBER DAYA PEKERJAAN (JOB RESOURCES) DENGAN KETERIKATAN KERJA (WORK ENGAGEMENT) SEBAGAI MEDIATOR TERHADAP PERILAKU PROAKTIF

  • A.D. Deviyanti
  • Agus Dwi Sasono

Abstract

Keterikatan kerja merupakan dimensi dasar motivasi intrinsik, yang memperkuat perilaku berorientasi tujuan dan keteguhan mencapai tujuan dengan semangat tinggi, juga rasa antusiasme, serta bangga terhadap pekerjaan. Keterikatan kerja dapat ditingkatkan melalui peningkatan sumber daya pekerjaan (job resources), karena faktor-faktor sumber daya pekerjan dapat secara intrinsik memotivasi untuk memenuhi keinginan dasar karyawan, atau memotivasi secara ekstrinsik karena berkontribusi untuk pencapaian tujuan kerja. Oleh karena keterikatan kerja merupakan tingkatan tinggi dari energi, keteguhan, identifikasi dan tujuan yang terarah, maka akan meningkatkan perilaku kerja proaktif dalam konteks insiatif personal. Ketika karyawan berdedikasi terhadap pekerjaan dan sangat antusias, maka cenderung lebih terlibat dalam tindakan proaktif untuk menjamin situasi positif dan mengembangkannya lebih baik. Penelitian bertujuan untuk menelaah pengaruh sumber daya pekerjaan yang terdiri dari variasi keahlian, otonomi, dan kesempatan berkembang terhadap perilaku proaktif dengan keterikatan kerja sebagai variabel moderator. Responden penelitian adalah karyawan bagian operasional PT. RGA Internasional. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan teknik analisis path. Variabel-variabel variasi keahlian, otonomi, dan kesempatan berkembang merupakan variabel eksogen, sedangkan keterikatan kerja merupakan variabel endogen moderator, dan perilaku proaktif merupakan variabel endogen. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel-variabel sumber daya pekerjaan yang terdiri dari variasi keahlian, otonomi, dan kesempatan berkembang berpengaruh signifikan positif terhadap keterikatan kerja karyawan. Keterikatan kerja juga menunjukkan pengaruh signifikan positif terhadap perilaku proaktif. Selain itu, hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa variabel variasi keahlian, otonomi, dan kesempatan berkembang berpengaruh positif terhadap perilaku proaktif karyawan melalui keterikatan kerja, dengan bentuk pengaruh mediasi yang bersifat full mediation.   Kata Kunci:     Sumber Daya Pekerjaan, Keterikatan Kerja, Perilaku Proaktif.
Published
2015-02-06
How to Cite
DEVIYANTI, A.D.; SASONO, Agus Dwi. PENGARUH SUMBER DAYA PEKERJAAN (JOB RESOURCES) DENGAN KETERIKATAN KERJA (WORK ENGAGEMENT) SEBAGAI MEDIATOR TERHADAP PERILAKU PROAKTIF. E- Jurnal Ilmu Manajemen Magistra, [S.l.], v. 1, n. 1, feb. 2015. ISSN 2442-4315. Available at: <http://jurnal.narotama.ac.id/index.php/magistra/article/view/22>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Articles