PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT GARAM (PERSERO)

  • Fery Kustianto

Abstract

Pengaruh iklim organisasi dan implikasinya pada kepuasan kerja dan komitmen karyawan telah menarik perhatian penulis untuk melakukan penelitian. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung iklim organisasi dengan komitmen karyawan di PT Garam (Persero) melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan di PT Garam (Persero). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode sensus. Validitas dan reliabilitas dari hasil kuesioner tersebut diperiksa terlebih dahulu. Setelah membuktikan bahwa hasilnya adalah valid dan reliabel, maka akan diproses dan analisis dengan menggunakan Path Analysis dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh yang terjadi pada iklim organisasi terhadap komitmen organisasi di PT Garam (Persero) dikategorikan sebagai pengaruh langsung dan tidak langsung, karena koefisien pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung tersebut signifikan.   Kata Kunci : Iklim Organisasi, Komitmen Karyawan, Kepuasan Kerja, Analisis Jalur, SPSS
Published
2015-02-10
How to Cite
KUSTIANTO, Fery. PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT GARAM (PERSERO). E- Jurnal Ilmu Manajemen Magistra, [S.l.], v. 1, n. 1, feb. 2015. ISSN 2442-4315. Available at: <http://jurnal.narotama.ac.id/index.php/magistra/article/view/24>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Articles