Pengaruh Nilai-Nilai Hedonis dan Konsep DiriTerhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Pada Loyalitas Merekdi Surabaya (studi pada pembelian barang mewah)

  • Erna Ferrinadewi

Abstract

Abstract

Keputusan pembelian konsumen merupakan variabel penting yang dapat memberi dampak pada keseluruhan strategi pemasaran produk. Berbagai hal terbukti memberi pengaruh pada keputusan pembelian konsumen baik dari segi bauran pemasaran perusahaan maupun secara psikologis konsumen. Saat ini perilaku pembeli cenderung tidak lagi didasarkan pada pertimbangan rasional saja, seiring dengan peningkatan penghasilannya pertimbangan keputusan pembelian menjadi lebih cenderung kepada proses psikologis untuk memenuhi kebutuhannya yang bersifat hedonis dan emosional. Sayangnya masih sedikit bukti empiris tentang pengaruh nilai-nilai hedonis dan konsep diri konsumen terhadap keputusan pembelian barang mewah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai-nilai hedonis dan konsep diri konsumen terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada loyalitas merek. Melibatkan 100 responden yang berdomisili di Surabaya dan memiliki barang mewah didapatkan data primer yang diolah dan dianalisis denga structural equation modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan variable Konsep Diri konsumen memberi pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian barang mewah dan memberi dampak tidak lanmgsung terhadap loyalitas merek dibandingkan pengaruh variabel nilai-inilai hedonis.
Published
2016-10-19
How to Cite
FERRINADEWI, Erna. Pengaruh Nilai-Nilai Hedonis dan Konsep DiriTerhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Pada Loyalitas Merekdi Surabaya (studi pada pembelian barang mewah). e-Jurnal Manajemen KINERJA, [S.l.], v. 2, n. 2, oct. 2016. Available at: <http://jurnal.narotama.ac.id/index.php/manajemenkinerja/article/view/203>. Date accessed: 24 oct. 2017.