Analisis Perilaku Biaya Dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Perusahaan Developer (Studi Kasus Perusahaan Developer di Surabaya)

  • Ika Marlina Fakultas ekonomi dan Bisnis Universitas Narotama
Keywords: Perilaku biaya, profitabilitas, developer.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh perilaku biaya terhadap profitablitas perusahaan developer di Surabaya. Secara lebih spesifik tujuan dari penelitian ini adalah  untuk menganalisis pengaruh perilaku biaya terhadap profitabilitas perusahaan yang terdiri dari ROA ROE dan NPM.Dalam penelitian menggunakan data laporan keuangan perusahaan sebanyak 1 tahun selama tahun 2012.Penelitian ini meggunakan analisis Deskriptif dengan menggunakan software Special for Statistic Science (SPSS).Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh perilaku biaya yang terdiri dari biaya tetap, biaya variable dan biaya semi variable berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan.Implikasi praktis dari hasil penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai acuan oleh pihak manajemen CV TKB untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, A., & Yoga, H. (2015). STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA USAHA KECIL PRODUK MAKANAN RINGAN DI SURABAYA. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1).
Alimudin, A., Simangunsong, P., Barid, M., & Wajdi, N. (2017). The Factors Affecting Land Prices In Housing Location In Sidoarjo Regency. International Journal of Society Development and Engagement, 1(1), 2597–4777.
Ahmad, Kamaruddin.2005. Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Armanto Witjaksono. Akuntansi Biaya. Yogyakarta : Graha Ilmu. 2006.
Bustami, Bastian. Nurlela. 2006. Akuntansi Biaya: Kajian Teori dan Aplikasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Garrison, Ray H., Noreen, Eric W., Brewer, Peter C. 2006. Akuntansi Manjerial (alih bahasa: A. Totok Budi Santoso). Buku I. Salemba Empat. Jakarta.
Ferdinand, Augusty. 2000. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro Semarang.
Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya,edisi ke-6. Yogyakarta: STIE YKPN.
Munawir. 2002. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty
Muslich M. (2003), Manajemen Keuangan Modern, Analisis Perencanaan dan Kebijaksanaan. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Published
2017-02-28
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
Pdf downloaded = 0 times