Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru

  • Juwita Azizah Jl. Kayangan No. 99, Duri-Riau, (0765)-597342
Keywords: gaya kepemimpinan, motivasi dan kinerja guru

Abstract

Kepemimpinan sekolah mengacu pada konsep teori path goal dalam kerangka kepemimpinan situasional, sedangkan motivasi didasarkan pada teori Maslow yang mengarahkan yang mengarah pada tingkat terpenuhinya kebutuhan atau keinginan untuk memenuhi kebutuhan. Dengan demikian, pemenuhan kebutuhan menjadi faktor pendorong tumbuhnya motivasi bekerja seseorang. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis: (1) pengaruh gaya kepemimpinan (gaya mengarahkan, gaya membimbing, gaya mendukung dan gaya mendelegasikan) dan motivasi (kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi) terhadap kinerja guru, (2) mengetahui gaya kepemimpinan mana yang berpengaruh dominan terhadap kinerja guru dan (3) mengetahui motivasi apa berpengaruh dominan terhadap kinerja guru.

Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert untuk menganalisis Kepemimpinan dalam kerangka path-goal didefinisikan dalam gaya : 1)mengarahkan (X1) , 2)membimbing (X2), 3)mendukung (X3), 4)mendelegasikan (X4) dan variabel motivasi yang terbagi atas pemenuhan kebutuhan: 1)fisiologis (X5), 2)rasa aman (X6), 3)sosial (X7), 4)penghargaan (X8), dan 5)aktualisasi diri (X9) terhadap kinerja guru (Y).

Berdasarkan keseluruhan penelitian hingga tahap penyimpulan, saran yang dapat penulis ajukan adalah sebagai berikut 1) Bagi SMA Budi Utomo khususnya Kepala Sekolah, diharapkan mempertahankan gaya kepemimpinan membimbing karena merupakan gaya kepemimpinan situasional berdasarkan teori path-goal yang sesuai untuk kondisi SMA Budi Utomo pada saat ini, 2) Sebaiknya pemenuhan kebutuhan fisiologis perlu dipertimbangkan lebih jauh, sehingga potensi yang dimiliki dapat dikembangkan dan diaplikasikan semaksimal mungkin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimudin, A., & Sukoco, A. (2017). The Leadership Style Model That Builds Work Behavior Through Organizational Culture. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 3(2).
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.
Handoko, T. Hani. 1986. Manajemen.. Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu S.P. 1997. Manajemen Sumberdaya Manusia. PT. Toko Gunung Agung, Jakarta.
Paul, Harsey and Kenneth, Blanchard. 1992. Management of Organizational Behavior. Diterjemahkan oleh Agus Dharma, edisi IV, penerbit Erlangga, Jakarta.
Robbins, Stephen dan Coulter, Mary. 1999. Manajemen. Sixth Editions. PT. Prenhellindo, Jakarta.
Wajdi, B. N. (2017). The Differences Between Management And Leadership. Sinergi?: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.25139/sng.v7i1.31
Published
2017-02-28
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
Pdf downloaded = 0 times