Strategi Pengembangan Program Studi Dalam Meningkatkan Perolehan Jumlah Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Swasta
Abstract
Penerimaan jumlah mahasiswa baru program studi dari sejumlah Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya mengalami kenaikan serta penurunan (fluktuasi). Penurunan jumlah mahasiswa baru yang berkepanjangan, maka akan menimbulkan resiko keuangan pada Perguruan Tinggi Swasta tersebut. Salah satu penyebab penurunan jumlah mahasiswa baru yaitu jumlah Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya yang meningkat, sehingga Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya berlomba-lomba menyusun strategi agar jumlah mahasiswa baru meningkat.Jurusan manajemen Universitas Kartini Surabaya harus mampu menampilkan citra positif sebagai institusi berkualitas yang peduli dengan berbagai perubahan, perkembangan dan tuntutan stakeholders.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi, merumuskan alternatif strategi dan menyusun strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan jurusan Manajemen Universitas Kartini Surabaya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks EFE (Matriks External Evaluation), Matriks IE (Internal External), SWOT. Hasil didapatkan bahwa skor bobot IFE sebesar 2,926, dan skor EFE sebesar 3,021. Sedangkan posisi program studi Manajemen berada pada sel II yang berarti tumbuh dan membangun strategi yang tepat yaitu intergrasi kebelakang, integrasi kedepan atau horizontal, penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk.