Analisis Potensi Pengembangan Usaha Bank Pada Berbagai Kecamatan Di Kota Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengembangan usaha bank pada berbagai wilayah di Kota Surabaya. Penelitian dilakukan pada tahun 2012 pada seluruh kecamatan di Kota Surabaya, Faktor yang dipertimbangkan meliputi potensi penghimpunan dana, potensi penyaluran kredit, tingkat persaingan, serta potensi ekonomi setiap kecamatan. Teknik analisis menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk pembobotan kriteria, Metode Penskalaan Terbatas untuk menormalisasi nilai data yang memiliki rentang lebar, serta Metode Bayes untuk menentukan skor setiap kecamatan. Interpretasi lebih mendalam tentang potensi wilayah juga mempertimbangkan penilaian kualitatif terhadap potensi dampak rencana pengembangan Kota Surabaya.Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat beberapa kecamatan yang berpotensi tinggi untuk dijadikan area pengembangan bisnis perbankan. Pada tiap wilayah Kota Surabaya (Surabaya Utara, Surabaya Selatan, Surabaya Timur, Surabaya Barat, dan Surabaya Pusat) terdapat satu kecamatan yang memiliki skor Bayes tertinggi dan mengindikasikan potensi untuk pengembangan bisnis perbankan yang paling besar dibandingkan kecamatan yang lain. Kecamatan yang menghasilkan skor tertinggi di setiap wilayah adalah (1) Surabaya Pusat : Kecamatan Genteng, (2) Surabaya Utara : Kecamatan Krembangan, (3) Surabaya Timur: Kecamatan Gunung Anyar, (4) Surabaya Selatan: Kecamatan Sawahan, dan (5) Surabaya Barat: Kecamatan Asemrowo.
Downloads
References
Athanasoglou, P.P., Brissimis, S.N. and M.D. Delis. 2008. Bank-specific industryspecific and macroeconomics determinants of bank profitability. Journal of International Financial Markets, Institutions and Money 18 (2), pp. 121–136.
Berger, Allen N. and Loretta J. Mester. 2001. Explaining The Dramatic Changes In Performance Of U.S. Banks: Technological Change, Deregulation, And Dynamic Changes In Competition. Wharton Financial Institutions Center.
Bolt, Wiko and David Humprey. 2013. Competition In Bank Provided Services. European Central Bank.
Feng, Wang and Andrew Mason. 2005. Demographic Dividend And Prospects For Economic Development In China. United Nations Expert Group Meeting On Social And Economic Implications Of Changing Population Age Structures.
Hui, Y. and Kok Wei, K. 2012. Customer relationship management: Is it still relevant to commercial banks in Taiwan? International Journal of Business and Management 7(1): 151–160.
Moutinho, L. and Meidan, A. 1989 Bank Customers’ Perceptions, Innovations and New Technology. International Journal of Bank Marketing 7(2): 22–27.
Rashid, Hamid. 2011. Credit to Private Sector, Interest Spread and Volatility in Credit-Flows: Do Bank Ownership and Deposits Matter?. DESA Working Paper No. 105.
Tabak, Benjamin M., Dimas M. Fazio and Daniel O. Cajueiro. 2011. The Relationship between banking market competition and risk-taking: do size and capitalization matter?. The Banco Central do Brasil Working Papers.
Taha, Hamdy A. 2010. Operations Research: An Introduction (9th Edition). Prentice Hall.
Wehinger, Gert. 2012. The Financial Industry in the New Regulatory Landscape. OECD Journal: Financial Market Trends Volume 2011/2