PEMANFAATAN TEKNOLOGI GAME UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL RAGAM BUDAYA INDONESIA BERBASIS ANDROID

  • Achmad Zakki Falani
  • Putri Ludvyah Ekawati
Kata Kunci: Android, Budaya, Game puzzle, Media interaktif

Abstrak

Pemanfaatan game saat ini masih digunakan atas dasar hiburan semata. Adanya tema game yang semakin berkembang masih belum cukup menampung game dengan tema edukasi. Apalagi perhatian terhadap keanekaragaman budaya Indonesia semakin berkurang. Oleh karena itu dibuatlah Game Amazing Culture of Indonesian bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak sejak dini agar mereka dapat mengenal keanekaragaman budaya tradisional Indonesia meliputi keanekaragaman rumah adat, baju adat, senjata tradisional, alat musik tradisional, kerajinan khas, makanan dan minuman khas tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia dengan cara menyenangkan. Game yang dibangun genre puzzle yang dikemas dalam bentuk hidden object game berbasis android yaitu Amazing Culture of Indonesian, terdiri dari 34 tipe permainan sesuai dengan 34 provinsi. Metode penelitian yang digunakan adalah alur game development dan disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan game. Sasaran game adalah anak usia sekolah dasar antara 8 sampai 11 tahun.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2015-02-11
Abstrak viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times