APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Abstrak
Tujuan adanya diciptakannya aplikasi ini adalaha untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut, yaitu membuat aplikasi pembelajaran tentang pengenalan perangkat jaringan komputer beserta topologi jaringannya dengan menggunakan teknologi Augmented Reality, agar dapat memberikan nuansa baru dan dapat mengurangi rasa bosen dalam belajar. Aplikasi yang diberi nama "PengajAR" adalah teknologi yang dapat menvisualisasikan gambar 3 dimensi kedalam virtual reality (penglihatan virtual). Marker yang terdapat pada masing masing perangkat bergambar akan ditangkap oleh kamera mobile device yang kemudian diproses untuk menampilkan animasi 3D modeling pada layar secara realtime. PengajAR menyajikan pengetahuan tentang fungsi perangkat jaringan seperti Router, Hub, Lan Tester, Access Point, karakteristik topologi Star, Mesh, Ring, dan Bus, selain itu aplikasi PengajAR menyediakan fitur Kuis untuk latihan soal seputar materi dasar perangkat jaringan komputer, dan dilengkapi dengan fitur Minigame yang memberikan latihan cara merancang model jaringan kabel dan wireless, serta terdapat fitur setting nomor IP (Internet Protocol). Pengujian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode Study Field, didemonstrasikan langsung ke siswa SMK (end user) yang akan mencoba aplikasi ini, Para siswasiswi diberikan beberapa tugas untuk merancang jaringan, dan diakhir acara siswa-siswi diminta untuk mengisi kuisioner sebagai penilaian atas perangkat lunak yang telah mereka gunakan. Hasil luaran yang diharapkan dari kontribusi media pembelajaran ini adalah dapat membantu mereview materi sebesar 40 % yang telah diajarkan oleh guru, serta membantu untuk memvisualisasikan cara kerja topologi jaringan komputer sebesar 45%, dan secara keseluruhan aplikasi ini sangat sesuai dengan materi komputer dan jaringan.