PERANCANGAN SIMULATION MODELS FOR CALCULATION CATTLE FEED (MOCAFEE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SEKOLAH JURUSAN PETERNAKAN

  • Endra Rahmawati
Kata Kunci: Media Belajar, Models for Calculation Cattle Feed (MoCaFee), Pakan Ternak Sapi

Abstrak

Hampir seluruh SMK saat ini menyiapkan siswanya hanya untuk bekerja pada bidang keahlian tertentu sebagai pekerja/karyawan/pegawai. Termasuk SMK Jurusan Peternakan yang menyiapkan para siswanya untuk dapat mendirikan usaha sendiri di bidang peternakan setelah lulus sekolah. Setiap materi yang disampaikan di kelas harus dapat diimplementasikan langsung pada lahan peternakan yang disediakan oleh sekolah. Tidak jarang sekolah harus mencari lahan lebih yang dapat digunakan secara khusus untuk menerapkan ilmu yang didapatkan selama proses pembelajaran. Namun, kondisi yang terjadi di lapangan tidak demikian. Banyak siswa di sekolah jurusan peternakan yang mengalami kesulitan dalam hal budidaya ternak. Hal tersebut dikarenakan lahan yang disediakan tidak sebanding dengan jumlah siswa yang menempuh pendidikan di jurusan peternakan.
Untuk mengatasi permasalahan diatas, pada paper ini akan dibahas mengenai perancangan Simulation Models For Calculation Cattle Feed (MoCaFee) yang dapat memberikan model praktis perhitungan pemberian pakan ternak sesuai dengan jenis dan jumlah sapi yang dibudidayakan. MoCaFee dirancang dengan karakteristik mulai dari penentuan Types of Cows, Food Materials, Nutrien Components, hingga Nutritional Needs.
Dalam implementasinya, pengembangan model simulasi ini melibatkan tenaga ahli dari berbagai bidang, yang selanjutnya difungsikan sebagai peternak, ahli nutrisi ternak, dan analisis TI/programmer. Selain digunakan secara internal dalam proses pembelajaran di sekolah, para peternak umum juga dapat memanfaatkan semua informasi yang tersedia pada MoCaFee Models ini. Untuk pemanfaatannya, model simulasi ini akan membantu program pemerintah dalam meningkatkan hasil produksi dalam bidang peternakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2017-02-14
Abstrak viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times