KAJIAN SISTEM MANAJEMEN KINERJA INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI SWASTA NASIONAL
Abstract
Sektor pendidikan tinggi dewasa ini menghadapi beragam tantangan berat, mulai dari persaingan antar perguruan tinggi untuk menjaring mahasiswa, hingga kewajiban untuk memenuhi berbagai standar akreditasi, sebagaimana Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) di Indonesia.Kajian ini berupaya mencari alternatif sistem pengukuran kinerja organisasi yang relevan dan efektif guna menjamin kinerja institusi perguruan tinggi, terutama swasta di Indonesia, agar mampu bertahan menghadapi berbagai tantangan di atas.Tiga model pengukuran kinerja organisasi, yaitu Balanced Scorecard (BSC), Integrated Performance Measurement Systems (IPMS), dan Performance Prism dibahas dan dikaji potensi pemanfaatannya pada sektor pendidikan tinggi. Hasil kajian menyimpulkan bahwa Performance Prism, yang memberikan titik berat lebih pada pemangku kepentingan (stakeholders), merupakan model pengukuran kinerja yang paling sesuai untuk institusi pendidikan tinggi, meskipun penelitian empiris untuk membuktikan hal ini masih sangat diperlukan.
Kata kunci : Sistem Manajemen Kinerja,Balanced Scorecard (BSC), Integrated Performance Measurement Systems (IPMS), dan Performance Prism