ANALISIS KEBUTUHAN KOMPETENSI JABATAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENILAIAN KINERJA SERTA ASSESSMENT POTENSI TENAGA PEMASARAN
Abstract
Penelitin ini bertujuan untuk menyusun kebutuhan kompetensi jabatan tenaga pemasaran pada sebuah perusahaan di Surabaya, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP ), tim expert pembobotan berasal dari internal perusahaan.           Penelitian inimenggunakan kluster kompetensi menurut Spencer (1993) yaitu kriteria kompetensi yang digunakan untuk meramalkan kinerja pekerjaan dan yang paling sering dipakai mengidentifikasi kesuksesan seorang karyawan dalam bekerja, kompetensi tersebut  terdiri dari  : Berprestasi dan Bertindak, Membantu dan Melayani orang lain, Menimbulkan Dampak dan Mempengaruhi, Manajerial, Pemecah Masalah/Memahami Masalah Pekerjaan (kognitif),dan Kematangan Pribadi (personal effectiveness)          Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria menjadi tenaga pemasaran di lingkungan perusahaan membutuhan kompetensi jabatandengan dimensi kompetensi : Komitmen pada organisasi (organizational commitment), Proaktif (initiative), Keahlian Jabatan (technical/profesional/managerialexpectise), Melayani Pelanggan (customer service orientation), Pengendalian diri (self control), Meyakinkan Sesama (impact and influence), Kerjasama ( teamwork and cooperation), Membangun hubungan (relationship building), dan Berpikir analitis (analyitical thinking). Kebutuhan kompetensi jabatan tenaga pemasaran yang telah di susun tersebut  dapat ditindak lanjuti oleh perusahaan sebagai salah satu model Penilaian Kinerja Karyawan, dan Assessment/Penilaian potensi karyawan melalui penyusunan Standar Kinerja Individu (SKI) dan Penilaian Akhir Kinerja (PAK) Individu Karyawan.
Kata kunci : Kebutuhan Kompetensi Jabatan, Penilaian Kinerja, Asssessmen/Penilaian Potensi Karyawan, dan Tenaga Pemasaran
ÂÂÂ