DISAIN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI VIDEO EDITOR SEBAGAI SECONDARY EDUCATION MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN STATISTIK BISNIS DAN EKONOMETRIKA

  • I Putu Artaya

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pendekatan tindakan kelas, yang dilakukan pada sekelompok mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah statistik bisnis dan mata kuliah ekonometrika pada dua semester yakni semester genap 2009/2010 dan semester genap 2010/2011, subyek yang diteliti adalah sikap, persepsi dan perilaku mahasiswa ketika menempuh mata kuliah. Populasi penelitian berjumlah 137 mahasiswa, terdiri dari 49 mahasiswa yang menempuh mata kuliah ekonometrika dan 88 mahasiswa yang menempuh mata kuliah statistik bisnis  pada semester genap tahun 2010/2011. Data yang dipergunakan adalah : tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis video tutorial dan data hasil belajar mahasiswa berupa nilai akhir yang merupakan hasil proses pembelajaran dari mata kuliah ekonometrika dan statistik bisnis di semester genap tahun 2010/2011 bulan Maret 2011 sampai dengan bulan agustus 2011. Tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar berbasis video tutorial di atas indikator kinerja 75%, artinya rata-rata jawaban mahasiswa terhadap aspek komunikasi visual dan aspek disain pembelajaran rata-rata di atas 75%. Ini menunjukkan mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan bahan ajar berbasis video tutorial. Alat uji statistik yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann Whitney-U yakni alat yang berguna untuk menguji adanya perbedaan rata-rata antara dua populasi yang sedang diperbandingkan. Tujuannya untuk membuktikan apakah penggunaan bahan ajar berbasis video tutorial mampu meningkatkan kemampuan dan prestasi mahasiswa ketika menempuh mata kuliah statistik bisnis dan ekonometrika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-01-28
Abstract viewed = 550 times