ANALISIS FAKTOR UNTUK MENINGKATKAN NILAI TAMBAH PRODUK USAHA KECIL DI KOTA SIDOARJO DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR BEBAS ASEAN
Abstract
Penelitian ini mengambil obyek pelaku usaha kecil yang ada di tiga wilayah di kota Sidoarjo, yakni: Jabon, Tulangan dan Balungdowo. Ada sekitar 1200 pelaku usaha kecil di tiga wilayah tersebut, namun baru sekitar 82 pelaku usaha yang produknya berpotensi memiliki nilai tambah dalam pasar bebas ASEAN. Dari 82 pelaku usaha kecil, diambil sampel sebanyak 15 pelaku usaha untuk proses wawancara dan pengambilan data. Dari hasil proses diskusi terhadap 15 pelaku usaha, berhasil diidentifikasi 30 butir indikator sebagai dasar kebijakan dalam meningkatkan nilai tambah produk mereka. Melalui pendekatan analisa faktor, di peroleh empat kebijakan utama untuk proses perbaikan manajemen usaha kecil dalam usaha meningkatkan nilai tambah produk mereka yaitu : Pembentukan kelompok usaha kecil, Kebersamaan dalam pemanfaatan teknologi, Pengenalan bahan kemasan, dan ketepatan penggunaan sarana dan media. Sehingga keempat indikator tersebut menjadi dasar utama membuat kebijakan bagi pelaku usaha kecil tersebut untuk meningkatkan nilai tambah produk mereka.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2016-02-10
Section
Articles