PENGARUH DAYA SAING PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IKAN KALENG (SARDINES) MEREK MAYA

  • Dewi Rahmiati
  • R. Agus Baktiono

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh daya saing produk yang terdiri dari harga, rasa, tingkat keamanan, desain kemasan, nilai gizi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk ikan kaleng (Sardines) merek Maya. Pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner dengan Teknik Accidental Sampling sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah metode Regresi Linier Berganda dan pengujian hipotesis dengan uji F dan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan harga (X1), rasa (X2), tingkat keamanan (X3), desain kemasan (X4), nilai gizi (X5), dan kualitas (X6) secara simultan (secara bersama-sama) berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hal ini diketahui dari hasil uji F yang menunjukkan bahwa nilai = 3.387 > Ftabel = 2.20 dan dengan probabilitas kesalahan model yang diuji adalah 0,005. Sedangkan pengujian secara parsial menunjukkan hasil yaitu variabel rasa (X2) dan kualitas produk (X6) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian,namun untuk variabel harga (X1), tingkat keamanan (X3), design kemasan (X4), dan nilai gizi (X5) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menyarankan kepada perusahaan melakukan kajian tentang kebijakan harga, dan memberikan edukasi tentang nilai gizi kepada konsumen. Kata Kunci : harga, rasa, tingkat keamanan, desain kemasan, nilai gizi,

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-02-10
Abstract viewed = 302 times
PDF downloaded = 0 times