PENGARUH PELATIHAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA TELLER DAN CUSTOMER SERVICE PT. BANK PANIN TBK SURABAYA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja teller dan customer service PT. Bank Panin Tbk Surabaya secara simultan dan parsial. Penelitian ini merupakan penelitian kausal yang menggunakan variabel pelatihan dan motivasi kerja sebagai variabel bebas dan kinerja karyawan sebagai variabel terikat. Sejumlah 81 teller dan customer service yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji F dan uji t sebagai uji hipotesis. Hasil pengujian menemukan bahwa pelatihan dan motivasi kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja teller dan customer service di PT. Panin Bank Cabang Surabaya secara simultan dan parsial. Motivasi memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja karyawan. Hasil ini menunjukkan bahwa pelatihan dan motivasi dapat mempengaruhi meningkat atau menurunnya kinerja pegawai. Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh peserta pelatihan apabila tidak diikuti dengan sungguh-sungguh akan mempengaruhi kualitas dari peserta itu sendiri dan perusahaan.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2016-02-12
Section
Articles