PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MI TARBIYATUS SYARIFAH
Abstract
Kinerja guru berperan penting dalam proses belajar mengajar bagi siswa di sekolah. Sedangkan guru yang berprestasi adalah yang mampu mengembangkan potensi siswanya menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu melalui kinerjanya mahasiswa akan memiliki karakter yang baik, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Selain itu, kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja sangat dibutuhkan untuk menunjang kinerja guru. Sementara itu, salah satu sekolah MI Tarbiyatus Syarifah menganggap guru sebagai sumber daya manusianya agar dapat menjalin hubungan yang baik antara kepemimpinan Kepala Sekolah dengan para guru, sekaligus memotivasi setiap guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun simultan di MI Tarbiyatus Syarifah. Selanjutnya teknik analisis datanya menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang diberikan kepada 55 guru sebagai sampel. Hasil penelitian menyimpulkan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MI Tarbiyatus Syarifah Sidoarjo dengan uji t 0,000 <0,05. Demikian pula motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MI Tarbiyatus Syarifah Sidoarjo dengan uji t 0,018 <0,05. Sama halnya dengan kepemimpinan dan motivasi, disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru MI Tarbiyatus Syarifah Sidoarjo dengan uji t 0,010 <0,05.