ANALISIS LALU LINTAS DI RUAS JALAN WONOKUSUMO KOTA SURABAYA

  • Triantoni Triantoni Narotama University
  • Sri Wiwoho Mudjanarko Narotama University
  • M Ikhsan Setiawan Narotama University
  • Rizal Bahaswan Narotama University

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemacetan lalu lintas yang terjadi di ruas jalan Wonokusumo pada tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode yang mengacu pada perhitungan tingkat kemacetan. Sesuai dengan pengamatan di lapangan ruas jalan dengan tipe 2/2 UD jalan dua lajur - dua arah tidak terbagi, dengan lebar jalan 6 meter sebanyak 2 arah dengan bahu jalan masing-masing 1 meter di kanan dan kiri. Fasilitas di ruas jalan tersebut belum dilengkapi dengan rambu lalu lintas seperti (tidak ada halte, tidak ada parkir, tidak ada batas kecepatan). Volume lalu lintas harian rata-rata tertinggi di ruas jalan tersebut dari pukul 07.00 - 18.00 sebanyak 1606 kendaraan/jam. Dari analisa tingkat kemacetan yang dilakukan didapatkan hasil, side barriers pada jalan dikategorikan sedang (M) sebesar 396 kejadian/jam. Kemacetan terjadi karena aktivitas yang padat dan kendaraan mengurangi kecepatan dan berhenti di pinggir jalan. Hal ini menyebabkan nilai service pada ruas jalan tersebut adalah D menunjukkan arus kendaraan terhambat, kecepatan rendah dan volume kendaraan melebihi kapasitas. Karenanya peran pemerintah sangat penting untuk mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi dan untuk pengendara agar lebih tertib dalam menjalankan aktivitas di jalan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Boediningsih, W. (2011). Dampak kepadatan lalu lintas terhadap pencemaran udara kota Surabaya. Jurnal, h. 122-132.
Candra, A. I., Mudjanarko, S. W., & Limantara, A. D. (2017). Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Smart Internet System Kadiri.
Fuad, Yassir. (2017). Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Marelan Raya. Skripsi Fakultas Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Bidang.
Maryanto, D., dkk, (2019), Kajian Demand Bis Kota Trayek F Terhadap Rencana Penerapan Trem Koridor Utara-Selatan Kota Surabaya, E-jurnal Spirit Pro Patria, Volume 5, Nomor 2, September 2019.
MKJI. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Mudjanarko, S. W., Winardi, S., & Limantara, A. D. (2017). Memanfaatkan internet of things (iot) sebagai solusi pengelolaan transportasi kendaraan bermotor. Pro. Semin. Nas. Ml. Technol. Infrastruktur Wil. X.
Mustkarani, Wini. (2016). Analisis Faktor - Penyebab Kemacetan Lalu Lintas di sepanjang Jalan Rais A
Novalia, Cindy. (2015). Analisis dan Solusi Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Kota. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Rahmad (Sui Jawi) Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan. Juni. Vol. 14, No. 1
Syaiful, Mudjanarko, S. W., (2019), Noise of Motor Vehicles at from of Baiturrahman Great Mosque Semarang City, The Spirit of Society Journal, Volume 2, Nomor 2, Maret 2019.
Tamara, B Sahniza. (2016). Analisis Dampak Ekonomi dan Sosial Akibat Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Raya Bogor - Jakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.
Published
2020-03-31
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times