PENGARUH KUALITAS INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DENGAN PERCEIVED USEFULNESS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN DAN AKUNTANSI DI UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA)

  • Dana Aditya
  • Ni Ketut Yulia Agustini

Abstract

ABSTRAK Kualitas Sistem Informasi Akademik di Fakultas Ekonomi UWK Surabaya menunjukkan masih kurangnya kualitas informasi. Dengan masih kurangnya kualitas informasi menunjukkan bahwa masih banyak mahasiswa yang belum bisa menggunakan layanan informasi akademik dengan baik. Varibel perceived usefulness yang dipergunakan sebagai variabel moderator tidak bisa memoderasi kualitas informasi dan kualitas sistem. Variabel moderator hanya bisa memoderasi kualitas jasa yang juga masih perlu banyak dilakukan pengembangan. Di dalam penelitian ini disarankan untuk melakukan perbaikan komunikasi dengan memanfaatkan sistem informasi akademik dari satu arah menjadi dua arah. Diharapkan akan adanya imbal balik komunikasi dari fakultas ke mahasiswa. Lebih diperjelasnya buku pedoman akademik yang tersedia baik secara hardcopy maupun paperless. Penelitian ini menjadikan masukan bagi Fakultas Ekonomi UWK Surabaya untuk dapat mengikuti perkembangan perkuliahan dan permintaan industri. Permenristekdikti No. 44 tahun 2015 mengharuskan penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan antara pendidikan dengan dunia industri. Hal ini bisa dicapai dengan perbaikan dan pengembangan kualitas informasi berbasiskan teknologi informasi.\ Kata kunci: kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas jasa, perceived usefulness, KKNI

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-21
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times