PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN DALAM MENULIS TEKS DESKRIPTIF

  • MUCHAMAD ARIF

Abstract

Abstrak: Jenis kelamin adalah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi siswa dalam menguasai materi di sekolah mereka. Hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh jenis kelamin dalam menulis teks deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti meminta siswa untuk menulis teks deskriptif. Dia tidak memberikan topik tertentu dalam menulis deskriptif sehingga siswa dapat menulis teks deskriptif berdasarkan minat mereka misalnya artis, keluarga, teman, hewan, hewan peliharaan, dan dirinya sendiri karena ide siswa dapat keluar jika mereka menyukai apa yang sedang dilakukannya. Kemudian, peneliti menganalisa komposisi siswa terutama apa kecenderungan sebagian besar siswa dalam menulis teks deskriptif untuk siswa laki-laki dan perempuan serta siapa yang memiliki paling banyak kesalahan dalam menggunakan kata kerja dalam komposisi mereka antara siswa laki-laki dan perempuan. Selanjutnya, peneliti mendeskriptifkannya. Kemudian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum laki-laki dan siswi perempuan memiliki kecenderungan menulis tentang dirinya sendiri. Para siswa laki-laki memiliki 38, 89% dan siswi perempuan memiliki 24, 24% dalam menulis teks deskriptif tentang dirinya / dirinya sendiri. Kemudian, siswa laki-laki memiliki sekitar 33, 33% dan siswi perempuan memiliki sekitar 27, 66% dalam memiliki kesalahan kata kerja. Kata kunci: teks deskriptif, kecenderungan, kesalahan kata kerja.  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-21
Abstract viewed = 326 times
PDF downloaded = 0 times