ANALISIS KUAT TEKAN DAN GESER PADA DINDING BATU BATA MODEL Z KAIT LUBANG

  • Dyah Julia Syifa Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo
  • Hendramawat Aski Safarizki Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo
  • Marwahyudi Marwahyudi Universitas Sahid Surakarta

Abstract

Pada bangunan konstruksi, batu bata berfungsi sebagai non-stuktural yang dimanfaatkan untuk dinding pembatas dan estetika tanpa memikul beban yang ada diatasnya. Dinding batu bata dapat ditingkatkan kekuatannya dengan mendesain dinding batu bata dan memilih mutu material penyusun yang baik. Dinding biasanya menggunakan batu bata dengan ukuran yang pada umumnya di masyarakat, namun ada penelitian ini menggunakan batu bata dengan dengan model z kait lubang dimana bata ini berbentuk Z dengan lubang di tengah batu bata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kuat tekan pasangan batu bata, kuat tekan kubus mortar, kuat geser diagonal dinding pasangan batu bata, dan besarnya kekuatan seismic gempa pada dinding dengan menggunakan aplikasi Seismostruct. Batu bata yang sudah bermodel kemudian dibuat dinding pasangan dan diuji. Perawatan batu bata sebelum diuji dengan cara menyempotorkan dengan air menggunakan spray ke batu bata pasangan maupun dinding diagonal pasangan batu bata. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui kekuatan rata-rata dari pengujian kuat tekan vertikal pasangan batu bata sebesar 0,695 MPa, kuat tekan horizontal sebesar 0,318 MPa, kuat tekan kubus mortar sebesar 1,64 MPa, dan rata-rata pengujian kuat geser diagonal dinding pasangan batu bata sebesar 0,16 MPa. Dalam aplikasi Seismostruct akan mendapatkan hasil analisis pushover berupa kurva kapasitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.W Hendry and FM Khalaf. (2001). Masonry wall construction.
Chopra, A. 2012. Dynamics Of Structures. (W. J. Hall, Ed.). USA: Pearson Education, Inc.
Hastutiningrum, Sri. 2013. Proses Pembuatan Batu Bata Berpori Dari Tanah Liat Dan Kaca. Jurnal Teknologi Technoscientia Vol.5 No.2.
Miha Timocevic. 2006. Earthquake Resistant Design of Masonry Building. Lobdon: Emparial Collage Press.
Nurlina, S., Hidayat, T., Suseno, H., 2014. Pengaruh Penggunaan Limbah Batu Bata Sebagai Semen Merah Terhadap Kuat Tekan dan Kuat TarikMortar. Jurnal Rekayasa Sipil, ISSN 1978 - 5658.Volume 8, No.2 – 2014
Ramli. 2007. Spesifikasi Batu Bata Merah, Skripsi Universitas Airlangga, Surabaya
SNI 15-2094-2000. 2000. Bata Merah Pejal Untuk Pasangan Dinding. Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.
Safarizki, H. A., Marwahyudi, M., & Pamungkas, W. A. 2021. Beton Ramah Lingkungan Dengan Abu Sekam Padi Sebagai Pengganti Sebagian Semen Pada Era New Normal. Jurnal Riset Rekayasa Sipil, 4(2), 63-67.
Syifa, D. J., Gumilang, P. D., Lestari, A. D., Gunawan, L. I., & Safarizki, H. A. 2019. Papblock: Paving Block Dengan Bahan Tambah Limbah Kertas. Jurnal Ilmiah Teknosains, 5(2), 113-116.
Umar, Muhammad. 2018. Uji Kuat Tekan Dan Daya Serap Air Batu Bata Dengan Penambahan Agregat Limbah Cangkang Telur. Makassar : UIN Alauddin Makassar.
Published
2021-09-30
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times