MERAWAT MEMORI KOLEKTIF TENTANG KELESTARIAN DAN KEBERLANJUTAN PANGAN

  • Wulansary Wulansary Universitas 45 Surabaya
  • Eiprilia Putri Universitas 45 Surabaya

Abstract

Isu krisis pangan sebagai  akibat dari perubahan iklim dan pola tatanan hidup masyarakat modern yang tidak selaras alam menjadi latar belakang dibuatnya film dokumenter Nusantara Code. Pada film yang mengangkat folklore sebagai gerbang memahami bagaimana peran Dewi Padi menjadi dasar perilaku masyarakat agraris yang menganutnya, pembuatnya mencoba  mengangkat kembali memori kolektif leluhur tentang sistem pertanian selaras alam. Penelitian ini bertujuan, pertama untuk mengetahui korelasi memori kolektif leluhur terkait Dewi Padi dengan kelestarian lingkungan dan keberlanjutan pangan; kedua memberikan informasi tentang hubungan antara elemen-elemen tersebut dengan kondisi pertanian terkini. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan cross-sectional budaya dari tiga masyarakat yang memiliki folklore tentang Dewi Padi, yaitu di Trawas Mojokerto, D.I. Yogyakarta dan di Kanekes Banten. Analisis data menggunakan model penyajian data dengan metode interseksional dan komparasi data. Hasil penelitian ini adalah sejumlah memori kolektif masa lalu tentang kearifan local di bidang pertanian yang bersifat keberlanjutan dan menjaga lestarinya lingkungan hidup.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Iwan Abdillah (2020) Trawas Kaya Legenda: Folklor dari Lembah 2 Gunung. Jombang: Boenga Ketjil.
Koentjaraningrat (1979) Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Penerbit Aksara Baru
Mercy Corps (2007) Definisi Operasional Ketahanan Pangan.
Mudji Sutrisno dan Hendar Putranto (2005) Teori-teori Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.
Myrle V. Fowler (2007) Obitiary as Collective Memory. New York: Roudledge
Noer Fauzi Rahman (1999) Petani dan Penguasa. Yogyakarta: Insist Press.
Notoatmodjo, S. (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Seil, W. (2010) “Tito Time,” A Nation’s Idealized Past: Collective Memory and Cultural Nostalgia Through The Memorialization of Charismatic Leaders. Pasific University Knowledge.
Suyami (2001) Serat Cariyos Dewi Sri dalam Perbandingan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA No. 7 Tahun 1996. Tentang Pangan.
Hilmar Farid (2022), Kompas, 23 November 2022.
JURNAL :
Suparmini, Sriadi Setyawati dan Dyah Respati Suryo Sumunar. Jurnal Penelitian Humaniora vol. 8. No. 1: 8-22, April 2013. Pelestarian Lingkungan Masyarakat Baduy Berbasis Kearifan Lokal.
Alif Dadzilatus Siti Arofah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISPO) Vol. 10 No. 1, 2020: 17-86. Kesadaran Kolektif dan Upaya Menuntut Pengakuan Desa Adat: Kasus Masyarakat Adat Sendi di Mojokerto.
Aulia Rahman, Mufti Riyani dan Hanafiah. Jurnal Mozaik Humaniora vol. 20. No. 1. 2020: 12-25. Cagar Budaya dan Memori Kolektif: Membangun Kesadaran Masyarakat Lokal Berbasis Peninggalan Cagar Budaya di Aceh Bagian Timur.
Perfecto, I. 2009. Agroecology and Sustainable Development. Pesticide Action Network North America, San Fransisco.
Internet:
Subroto (2015) Upacara Ritual dalam Aktivitas Pertanian. Online: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbyogyakarta/upacara-ritual-dalam-aktivitas-pertanian/
https://www.fao.org/indigenous-peoples/news-article/en/c/1620749/
https://www.fao.org/publications/card/en/c/d1f541b5-39b8-4992-b764-7bdfffb5c63f/
Published
2023-02-28
Section
Artikel
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times