PERANCANGAN VIDEO PROMOSI WISATA KOTA SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN BRANDING SEMARAK SURABAYA

  • Mega Maharani Lestari Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Senja Aprela Agustin Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Sayatman Sayatman Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Abstract

Selama beberapa tahun terakhir perkembangan ekonomi global dan percepatan urbanisasi membuat persaingan antar kota menjadi semakin ketat. City Branding menjadi fenomena yang sedang hangat diperbincangkan karena dianggap sebagai instrumen promosi yang paling berpengaruh dan efektif. Surabaya sebagai salah satu kota terbesar Indonesia setelah Jakarta, turut berupaya untuk membranding citra kota agar dapat bersaing secara global. Pada tahun 2020, tim branding Semarak Surabaya memutuskan untuk mengubah citra kota dengan konsep yang lebih sesuai dengan value yang melekat pada penduduk kota dan segala potensi yang dimiliki oleh kota Surabaya, karena branding Sparkling Surabaya sebelumnya dianggap kurang berhasil yang ditunjukkan dengan kurangnya dan adanya perbedaan persepsi masyarakat terhadap makna branding. Semarak Surabaya ingin mengomunikasikan kemeriahan keanekaragaman dan kesatuan semangat penduduk Surabaya, menyajikan pengalaman menarik, dan menampilkan keindahan Kota Surabaya. Proses perancangan video promosi ini dilakukan dengan menggunakan beberapa metode penilitan berupa analisis studi literatur, observasi, kuisioner, dan studi eksisting dari komparator. Hasil analisis data tersebut akan digunakan untuk merumuskan dan sebagai acuan kriteria dan konsep desain media video promosi. Hasil akhir dari perancangan ini adalah video promosi berupa TVC terkait potensi wisata Kota Surabaya yang mencerminkan branding baru Semarak Surabaya. Konsep dari video promosi ini berfokus pada wisata yang memberikan experience kepada wisatawan. Melalui perancangan ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan jumlah wisatawan Kota Surabaya dan meratakan ekonomi penduduk di berbagai sektor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Canty, Erin. Upworthy. “The effect different genres of music can have on your mind, body, and community”. https://www.upworthy.com/the-effect-different-genres-of-music- can-have-on-your-mind-body-and-community diakses 31 Mei 2020
Effendy Heru. (2002). "Mari Membuat Film : Panduan Menjadi Produser". Jakarta: Yayasan Konfiden.
First Institute: “The 6 Basic Framing Shot for Filmmaking”. https://www.first.edu/the-6- basic-framing-shots-for-filmmaking/ diakses pada 3 Mei 2020
Galai, Noam. “How to Apply Cinematic Color Grading to Your Still Images”. https://fstoppers.com/education/how-apply-cinematic-color-grading-your-still- images-56538 diakses pada 30 Mei 2020
Kavaratzis, Mihalis & Ashworth, G.J.. (2005). “City branding: An effective assertion of identity or a transitory marketing trick?”.
Milne Library. “What is Editing?”. https://milnepublishing.geneseo.edu/exploring-movie- construction-and-production/chapter/7-what-is-editing/ diakses pada 30 Mei 2020
Numeier, Marty. 2005. “The Brand Gap: How to Bridge the Distance Between Business.
Strategy and Design”. Berkeley, New Riders
Rush, Morgan. Small Business Chron: “What Are the Benefits of Advertising on TV Ahead of Any Other Medium?”. https://smallbusiness.chron.com/benefits-advertising-tv-ahead- other-medium-3585.html diakses pada 3 Juni 2020
Samara, Timothy. 2007. “Design elements: a graphic style manual: understanding the rules and knowing when to break them”. Beverly: Rockport Publishers, Inc.
Team, Revelle. Connolly: “How different genres of music affect your mood” https://www.connollymusic.com/stringovation/different-genres-of-music-affect-your- mood diakses 31 Mei 2020
Tjin, Enche. Infofotografi: “Komposisi – Aspek Rasio”. http://www.infofotografi.com/blog/2011/10/komposisi-aspek-rasio/ diakses pada 3 Mei 2020
Published
2022-04-30
Section
Artikel
Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times