MEMILIH MEDIA SOSIAL YANG EFEKTIF SEBAGAI SARANA MARKETING ONLINE BAGI PELAKU UKM DI KABUPATEN SIDOARJO

  • I Putu Artaya Universitas Narotama
  • R. Agus Baktiono

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang dalam pelaksanaannya ingin mengetahui dan mengukur peran secara spesifik media sosial dalam upaya meningkatkan penjualan UKM melalui penerapan online marketing menggunakan gadget. Lingkup area penelitian adalah lima kecamatan di Kabupaten Sidoarjo yakni Krembung, Porong, Prambon, Tanggulangin dan Tulangan, populasi penelitian adalah 16.145 UKM dan yang dijadikan sampel sebanyak 62 pelaku UKM. Hasil penelitian dan analisa menunjukkan ada korelasi antara penggunaan media sosial dengan raihan penjualan yang diperoleh UKM, dari empat media sosial yang digunakan yakni facebook, twitter, istagram dan youtube ternyata istagram memiliki dominasi yang lebih kuat dalam perannnya meningkatkan penjualan pelaku UKM, walaupun seluruh media sosial di atas memiliki peran yang signifikan. Produk UKM yang dijadikan obyek online marketing adalah tas & koper, sandal, sepatu, handycraft, garmen, makanan, fashion, peralatan dapur dan batik.
Kata kunci: media sosial, online marketing, penjualan produk UKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-20
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times