ANALISIS PERILAKU PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM
Abstract
Learning Management System (LMS) dikembangkan dalam bentuk e-learning sebagai salah satu fasilitas pembelajaran berbasis website. Telah banyak perguruan tinggi yang memanfaatkan fasilitas e-learning sebagai media pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor perilaku dosen dan mahasiswa perguruan tinggi dalam menggunakan fasilitas pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan kerangka Technology Acceptance Model (TAM) yang dimodifikasi. Data penelitian didapatkan melalui kuesioner yang diisi oleh 286 responden pengguna e-learning. Model penelitian menggunakan Structural Equation Modeling dengan metode Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan e-learning self effectiveness, perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using, attitude toward using memiliki pengaruh signifikan terhadap behavioral intention to use dan mampu memprediksi niat perilaku menggunakan e-learning.
Downloads
References
Al-AdwanAmer, Al-Adwan Ahmad, and Smedley, J., 2013. Exploring students acceptance of e-learning using Technology Acceptance Model in Jordanian universities. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology, 9(2), p.4.
Chu, T.H. and Chen, Y.Y., 2016. With good we become good: Understanding e-learning adoption by theory of planned behavior and group influences. Computers & Education, 92, pp.37-52.
Davis, F.D., 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, pp.319-340.
Farahat, T., 2012. Applying the technology acceptance model to online learning in the Egyptian universities. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 64, pp.95-104.
Ghozali, I., and Aprilia, K., 2013. Teknik Penyusunan Skala Likert dalam Penelitian Akuntansi dan Bisnis. Semarang: Fatawa Publishing.
Ghozali, I. and Latan, H., 2014. Partial Least Squares Konsep, Metode dan Aplikasi Menggunakan Program WarpPLS 4.0. Semarang: Badan Penerbit Undip
Ghozali, I., 2014. Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22. Semarang: Badan Penerbit Undip
Hussein, A. S., 2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan PLS dengan SmartPLS 3.0. https://www.researchgate.net/ file. PostFileLoader.html?id=5786f4c94048544b3332e123&assetKey=AS:383572759334914@1468462280965. Diakses 15 Januari 2018
Indah Fajarini SW. 2009. “Perbedaan Gender Dalam Pandangan Dan Hubungan Penerimaan E-Learning”. Jurnal Dinamika Akuntansi Vol. 1. No 1. Pp 51-61.
Jogiyanto. 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Penerbit ANDI. Yogyakarta.
Kemenristek Dikti. 2015. Apa itu sistem pembelajaran daring (SPADA) Indonesia. http://kuliahdaring.dikti.go.id/prod/artikel/ baca/spada_ indonesia . Diakses 17 Juli 2017
Mugo, D., Njagi, K., Chemwei, B. and Motanya, J., 2017. The Technology Acceptance Model (TAM) and its Application to the Utilization of Mobile Learning Technologies. Br. J. Math. Comput. Sci, 20(4), pp.1-8.
Masrom, M., 2007. Technology acceptance model and e-learning. Technology, 21(24), p.81.
Nasution, F. N., 2004. Teknologi Informasi Berdasarkan Aspek Perilaku (Behavior Aspek). USU Digital Library, http//library.usu.ac.id. Diakses 1 Nopember 2017.
Park, S.Y., 2009. An analysis of the technology acceptance model in understanding university students' behavioral intention to use e-learning. Journal of Educational Technology & Society, 12(3), p.150.
Sarana. 2000. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan Kecemasan, Sikap dan Penggunaan Mikro Komputer terhadap hasil Kerja Akuntan Pendidik. Tesis. Program Pasca Sarjana Magister Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang.
Tenenhaus, M., Vinzi, V.E., Chatelin, Y.M. and Lauro, C., 2005. PLS path modeling. Computational statistics & data analysis, 48(1), pp.159-205
Wahono, R.S., 2005. “Pengantar E-Learning Dan Pengembangannya”. Kuliah Umum Ilmu Komputer.com.
Wiyono, A.S., Ancok, D. and Hartono, J., 2008. Aspek Psikologis pada Implementasi Sistem Teknologi Informasi. Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia, pp.21-23.