TINGKAT PERTUMBUHAN PUSAT PERBELANJAAN MODERN DAN DAMPAKYA TERHADAP PERILAKU BERBELANJA GENDER DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini mengamati dan menguji bagaimana perilaku gender dalam berbelanja seiring semakin pesatnya pertumbuhan pusat perbelanjaan di Surabaya. Yang dijadikan obyek penelitian adalah enam pusat perbelanjaan yakni: City of Tomorrow, Pakuwon Trade Centre, Surabaya Plaza, Tunjungan Plasa, Plasa Marina, dan Giant Maspion Square. Populasi keseluruhan yang berhasil di identifikasi berdasar probability sampling adalah 1260 gender, dan berdasar teknik probability sample ditetapkan 155 gender sebagai sampel penelitian. Hasil pengumpulan data menunjukkan 26,83% gender sangat menyukai berbelanja di pusat perbelanjaan yang baru, 27% menyatakan biasa-biasa saja walau ada pusat perbelanjaan baru dan sisanya 46,17% menujukkan tidak terpengaruh dengan kehadiran pusat perbelanjaan baru, berarti kehadiran pusat perbelanjaan baru di Surabaya tidak mampu merubah perilaku berbelanja gender. Dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang mempengaruhi gender berbelanja di pusat perbelanjaan di Surabaya adalah (lihat tabel 2 dan Garfik 2) kelengkapan sarana dan jenis produk, integritas dan serba lengkap serta kecepatan penangan keadaan darurat bila terjadi musibah.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2016-01-25
Issue
Section
Articles