Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Bermedia Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat penguasaan materi anak terhadap pembelajaran karena pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dan media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran snowball throwing bermedia kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B.
Penelitian eksperimen ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design menggunakan one group pre-test post-test design, dengan populasi yang diambil adalah anak kelompok B yang berjumlah 17 anak di TK Putra Harapan. Sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan nonprobability sampling yang berupa sampling purposive. Penelitian menggunakan teknis pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tabel penolong Wilcoxom Match Pairs Test.
Downloads
Copyright (c) 2024 MOTORIC
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to journal MOTORIC, Faculty of Science and Education, Universitas Narotama as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc will be assigned to journal MOTORIC, Faculty of Science and Education, Universitas Narotama as publisher of the journal.