MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI ORIGAMI DI PPT MAWAR IV AL-AMIN SURABAYA
Abstract
ABSRTAK
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui origami. Metode pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung kegiatan belajar anak saat melipat di sekolah. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 7 anak yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut, pada pra-tindakan nilai persentase ketuntasan 28,58% melalui origami terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan dengan nilai persentase pada siklus I sebesar 57,15% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,72% sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan.
Downloads
Copyright (c) 2024 MOTORIC
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to journal MOTORIC, Faculty of Science and Education, Universitas Narotama as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc will be assigned to journal MOTORIC, Faculty of Science and Education, Universitas Narotama as publisher of the journal.