Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-20 Pada Anak TK B Melalui Media Piring Angka di TK Yasuka III Surabaya
Abstrak
Pengembangan model pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dan meningkatkan kreativitas dalam memecahkan permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelas TK B dengan menggunakan media pembelajaran piring kertas dan jepitan jemuran di TK Yasuka III Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas dengan Teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil pada penelitian ini setelah dilakukan 2 tindakan kelas Adapun kemampuan mengenal konsep angka 1-20 pada Pra Siklus terdapat 3 anak (20%) meningkat menjadi 6 anak (40%) pada Siklus I, dan pada Siklus II terdapat 12 anak (80%). Kemampuan menghitung banyak benda 1-20 pada Pra Siklus terdapat 4 anak (26,6%) meningkat menjadi 8 anak (53,3%) pada Siklus I, dan pada Siklus II terdapat 12 anak (80%). Dan kemampuan menulis angka 1-20 pada Pra Siklus terdapat 6 anak (40%) meningkat menjadi 10 anak (66,6%) pada Siklus I, dan pada Siklus II terdapat 13 anak (86,6%). Terdapat peningkatan kemampuan berhitung pada kelas B dengan media piring kertas pada percobaan yang telah dilakukan.
Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Anak TK B, Piring Angka
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##The author submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to journal MOTORIC, Faculty of Science and Education, Universitas Narotama as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc will be assigned to journal MOTORIC, Faculty of Science and Education, Universitas Narotama as publisher of the journal.