Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-20 Pada Anak TK B Melalui Media Piring Angka di TK Yasuka III Surabaya

  • Utamiati Utamiati Universitas Narotama Surabaya
  • Varia Virdania Virdaus Universitas Narotama

Abstrak

Pengembangan model pembelajaran perlu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dan meningkatkan kreativitas dalam memecahkan permasalahan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelas TK B dengan menggunakan media pembelajaran piring kertas dan jepitan jemuran di TK Yasuka III Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas dengan Teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil pada penelitian ini setelah dilakukan 2 tindakan kelas Adapun kemampuan mengenal konsep angka 1-20 pada Pra Siklus terdapat 3 anak (20%) meningkat menjadi 6 anak (40%) pada Siklus I, dan pada Siklus II terdapat 12 anak (80%). Kemampuan menghitung banyak benda 1-20 pada Pra Siklus terdapat 4 anak (26,6%) meningkat menjadi 8 anak (53,3%) pada Siklus I, dan pada Siklus II terdapat 12 anak (80%). Dan kemampuan menulis angka 1-20 pada Pra Siklus terdapat 6 anak (40%) meningkat menjadi 10 anak (66,6%) pada Siklus I, dan pada Siklus II terdapat 13 anak (86,6%). Terdapat peningkatan kemampuan berhitung pada kelas B dengan media piring kertas pada percobaan yang telah dilakukan.

Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Anak TK B, Piring Angka

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2024-06-28
Abstrak viewed = 0 times
pdf (English) downloaded = 0 times