PENGGUNAAN PERMAINAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Agustina Agustina universitas narotama
  • Muchamad Arif universitas narotama

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini berdasarkan pra observasi di lapangan yaitu wawancara dengan beberapa wali murid masih banyak anak-anak yang masih melakukan kegiatan dibantu orang tua,semisal pekerjaan rumah dari sekolah yang mengerjakan adalah orang tua. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk bagaimana perkembangan kemandirian anak usia dini di TK Ash Sholihin dengan menggunakan metode pembiasaan.Penelitian yang dilakukan ini adalah merupakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui Observasi dan wawancara. Kemandirian anak di TK Ash Sholihin dikembangkan melalui metode pembiasaan yang dilakukan secara kontinyu. Metode yang dapat menunjang kemandirian anak yaitu metode pembiasaan.  Dengan penggnaan metode pembiasaan ini maka kemandirian anak di TK Ash Sholihin sudah mulai berkembang ini bisa dilihat dari keseharian anak di sekolah membuang sampah pada tempatnya, memakai sepatu sendiri tanpa bantuan gurunya, makan sendiri tanpa bantuan orang lain, berani datang ke sekolah sendiri tanpa harus ditunggui oleh orang tuanya.

Kata Kunci:  Metode Pembiasaan ,Kemandirian , karakter kemandirian

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-18
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times