UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 3 - 4 TAHUN MELALUI PERMAINAN CONGKLAK KREASI DI PPT DAHLIA I SURABAYA
Abstract
ABSTRAKPujiati, 05119018. Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Congklak Kreasi di PPT Dahlia I Surabaya
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun melalui permainan tradisional congklak kreasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan hasil tes. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid di PPT Dahlia I yang berusia 3-4 tahun dengan jumlah 17 anak dari 24 anak yang terdiri 6 anak laki-laki dan 11 anak perempuan dan 2 orang guru.
Hasil penelitian menunjukkan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun di PPT Dahlia I dilakukan 6 kali pertemuan. Pada siklus I terdapat 9 orang anak yang tergolong kriteria mulai berkembang (60%) dan 4 orang anak yang tergolong kriteria berkembang sesuai harapan (40%), pada siklus II terdapat 7 orang anak yang tergolong kriteria mulai berkembang (46,67%) dan 8 orang anak yang tergolong kriteria berkembang sesuai harapan (54%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 3-4 tahun di PPT Dahlia I Surabaya sesuai dengan teori Hurlock: (1978.13) bahwa anak di usia 3-6 tahun merupakan periode sensitif atau masa peka anak . Kriteria mulai berkembang sebanyak 1 orang (6%), sedangkan kriteria berkembang sesuai harapan sebanyak 16 orang anak (40%). Namun belum ada anak yang memperoleh kriteria belum berkembang dan berkembang sangat baik.
Downloads
Copyright (c) 2024 MOTORIC
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to journal MOTORIC, Faculty of Science and Education, Universitas Narotama as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc will be assigned to journal MOTORIC, Faculty of Science and Education, Universitas Narotama as publisher of the journal.