IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK ANAK USIA DINI

  • Anisa Yunita Sari
  • Rodiyah , Universitas Narotama
  • Sujati , Universitas Narotama
  • Umi Zulfah Universitas Narotama
Keywords: Project Based Learning, Scientific Approach

Abstract

Project Based Learning adalah pendekatan pengajaran yang dikembangkan berdasarkan prinsip contructivis, problem solving, inquiri riset, integrated studies dan menekankan pada aspek kajian teoritis dan aplikasi. Model pembelajaran yang diawali dengan tahapan mengumpulkan informasi  berupa gagasan dan pertanyaan anak-anak sesuai dengantopik yang dipilih  lalu dikembangkan menjadi kegiatan belajar dan eksplorasi. Pembelajaran menggunakan metode  Project Based Learning siswa mengembangkan suatu proyek baik secara individu ataupun secara kelompok untuk menghasilkan suatu produk. Topik dalam pendekatan proyek harus konkret, dekat dengan pengalaman pribadi anak, menarik, memiliki  potensial secara emosional dan intelektual. Implementasi Project Based Learning pada anak usia dini, dibagai menjadi 3 diantaranya adalah: pembelajarran proyek total,pembelajaran proyek  parsial dan  pembelajaran proyek okasional

Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, pendidikan anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.
Motoric Vol 1 No 1 2017
Published
2018-04-28
Section
Articles
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times