ANALISIS PENGARUH TINGKAT PERSEPSI KURIKULUM 2013 (K13) TERHADAP KINERJA GURU PKn PADA TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SD – SMA DI UPT DINAS PENDIDIKAN WILAYAH DENPASAR TIMUR

  • Ni Nyoman Surya Dewi Universitas Narotama
Keywords: Merencanakan  Proses Pembelajaran, Melaksanakan Proses Pembelajaran, Menilai Hasil Pembelajaran, Kinerja Guru

Abstract

Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan bagian dari strategi meningkatkan capaian pendidikan. Orientasi Kurikulum 2013 adalah terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Kinerja guru yang merupakan pencerminan pelaksanaan tugas dan kewajiban guru dalam bidang pekerjaannya sesuai profesi yang diemban oleh seorang guru.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial berdasarkan bukti empiris persepsi kurikulum 2013 (K13) yang terdiri dari merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran terhadap kinerja guru PKn pada Satuan Tingkat Pendidikan SD – SMA di UPT Dinas Pendidikan Wilayah Denpasar Timur. Metode dan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode cluster sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah kinerja guru. Teknik analisa data pada penelitian ini adalah menggunakananalisis regresi linier berganda.

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran secara simultan berpengaruh siginifikan terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai      F hitung > F tabel yaitu 15.981> 2.98 atau nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Pada pengujian secara parsial, variabel Merencanakan Proses Pembelajaan (X1) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru (Y).  Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 0.218 lebih kecil dari ttabel sebesar 1.7056 atau significant level (0.829 > 0.05). Variabel melaksanakan proses pembelajaran Pembelajaran (X2) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru       ( Y ), hal ini dibuktikan dengan besarnya nilai thitung sebesar 1.753 lebih kecil dari ttabel sebesar 1.7056 atau significant level (0.091 > 0.05). Sedangkan secara parsial, variabel menilai hasil pembelajaran Pembelajaran (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru ( Y ), hal ini dibuktikan dari besarnya nilai thitung sebesar 2.551 lebih besar dari ttabel sebesar 1.7056 atau significant level (0.017 < 0.05). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel merencanakan proses pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran berpengaruh sangat kuat terhadap kinerja guru.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Admin. 2011. Pengaruh Pemberdayaan Guru terhadap Kinerjanya dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Surabaya. www.blog.tp.ac.id/. Diunduh Tanggal 4 April 2012
Depdiknas RI. 2005a. UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas
Danim, Sudarwan. 2010. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Hamid Hasan, Said. 1988. Evaluasi Kurikulum. Jakarta: P2LPTK Depdikbud
Hesti Murwanti “Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negeri Se-Surakarta”, Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE) Vol.1 No. 1 Tahun 2013
Irianto, Petrus. 2011. Pola Interaksi Konflik dan Reaktualisasi Pendidikan
Iskandar, R. 2012. Merosotnya Dunia Pendidikan. http://www.aspensi.com. Diunduh Tanggal 1 April 2013
Jumari, Md. Yudana, IGK. A. Sunu , Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarja Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, dengan judul penelitian : “Pengaruh Budaya Organisasi, Efikasi Diri dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru SMK Negeri Kecamatan Denpasar Selatan”, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 4 Tahun 2013)
Kunandar, 2007. Guru Profesional Impelementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Karakter: Studi Survey Eksplanatori di Universitas Cenderawasih Jayapura Papua http://repository.upi.edu
Kemdikbud. 2013. Modul Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: PSDMPK-PMP
__________. 2014. Materi Pelatihan Guru. Implementasi Kurikulum Tahun 2013
Kemdikbud. 2013. Permendikbud No. 66 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
__________. 2013. Permendikbud No. 81A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan

Kemdiknas. 2008. Standar Pengembangan KKG dan MGMP. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Direktur Jendral PMPTK. Jakarta: Citra Umbara
Pemerintah Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
__________. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta
Rochadi, Tofik, S.Pd, MPd. 2013. Kajian Kurikulum. Jogjakarta: Jendela
Rohmah, D. 2008. Suatu PTK dalam Proses Pembelajaran PKn di Kelas X-C SMA Lab. Percontohan UPI. Skripsi. FPIPS UPI Bandung
Sasono, A. D., Alimudin, A., Kamisutara, M., & Inayati, I. (2015). Development of accounting information system (SIA-UMKM) with waterfall approach to standardize UMKM financial report based on standard of accounting financial entity without public accountability (SAK-ETAP). J. Basic. Appl. Sci. Res.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta
________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Samana. (1994) ; Profesionalisme Keguruan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Setiadi, R. 2007. Efikasi Diri dan Kinerja Guru serta Hasil Belajar Literasi Siswa. Makalah. Disampaikan dalam Forum Ilmiah FP Bahasa dan Seni UPI Bandung, 22 November 2007
Sultani, H. 2010. Pengaruh Kepuasan Kerja, Kompetensi dan Budaya Organisasi terhadap Kreativitas dan Kinerja Guru. www.kabarindonesia.com/. Diunduh Tanggal 6 Maret 2010
Surya, M. 2000. Aspirasi Peningkatan Kemampuan Profesional dan Kesejahteraan Guru. Jurnal PK(021)
Sagala, Syaiful. 2009. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wawan. 2012. Jurnal Kinerja Guru. www.wawan4mi.blogspot.com/. Diunduh Tanggal 1 April 2013
Walgito, B. 1997. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset
Walgito, Bimo. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Jogjakarta: Andi Offset
Jurnal Magister Manajemen
Published
2018-03-28