SURVEI KESIAPAN MANAJEMEN PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL KAMPOENG KIDZ KOTA BATU BERDASARKAN STANDART ISO 9001:2015

  • Julistyana Tistogondo
  • Wendi Kurniawan

Abstract

ABSTRAK
Perusahaan konstruksi harus menerapkan sistem manajemen mutu, sistem manajemen mutu adalah sistem manajemen untuk mengendalikan organisasi dalam hal mutu, sistem manajemen yang digunakan adalah sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Dalam upaya mengetahui wujud aplikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 maka dilaksanakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 pada pekerjaan Hotel Kampoeng Kidz Batu, yang dikerjakan oleh PT.MURINDA. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan memakai instrument skala likert 1-7. Variabel yang dianalisis meliputi : (1) Konteks Organisasi (A1), (2) Kepemimpinan (A2), (3) Perencanaan (A3), (4) Pendukung (A4), (5) Operasi (A5), (6) Evaluasi Kinerja (A6), (7) Peningkatan (A7). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 adalah sangat baik dengan nilai persentase 84,24% dan faktor yang menjadi kendala adalah perencanaan penanganan resiko dan peluang untuk mencapai sasaran pekerjaan. Disarankan agar penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 tetap dipertahankan atau ditingkatkan.
Kata kunci: Sisten manajemen mutu, ISO 9001:2015, Hotel Kampoeng Kidz
Published
2016-10-12
How to Cite
TISTOGONDO, Julistyana; KURNIAWAN, Wendi. SURVEI KESIAPAN MANAJEMEN PADA PROYEK PEMBANGUNAN HOTEL KAMPOENG KIDZ KOTA BATU BERDASARKAN STANDART ISO 9001:2015. NAROTAMA JURNAL TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2016. ISSN 2640-3430. Available at: <http://jurnal.narotama.ac.id/index.php/njts/article/view/181>. Date accessed: 23 nov. 2017.