ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET UNTUK PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4 -5 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa proses pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet untuk perkembangan kemampuan kognitif pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan untuk mengamati proses pemanfaatan media pembelajaran berbasis internet untuk perkembangan kemampuan kognitif pada anak usia 4-5 tahun . Hasil penelitian observasi yang dilakukan adalah KB Aisyiah 12 Surabaya tidak cukup memiliki sarana media pembelajaran berbasis internet yang memadai. Selain itu, guru – guru di KB Aisyiah 12 Surabaya juga masih belum bisa mengoperasikan media berbasis internet. Dengan adanya penerapan model pembelajaran berbasis internet ini, anak-anak terbantu dalam perkembangan kemampuan kognitif (penalaran).
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Internet, Kognitif
Downloads
Copyright (c) 2024 MOTORIC
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The author submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to journal MOTORIC, Faculty of Science and Education, Universitas Narotama as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc will be assigned to journal MOTORIC, Faculty of Science and Education, Universitas Narotama as publisher of the journal.