Desain Kemasan Produk UMKM Makanan Ringan sebagai Peningkatan Daya Beli Konsumen Keripik Singkong

  • Rizki Puspita Dewanti Program Studi Diploma 3 Agribisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
  • Hardian Ningsih Program Studi Diploma 3 Agribisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
  • Edi Paryanto Program Studi Diploma 3 Agribisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
  • Sigied Himawan Yudhanto Program Studi Diploma 3 Desain Komunikasi Visual, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret
Keywords: desain kemasan, makanan ringan, UMKM, daya beli konsumen

Abstract

Produk makanan ringan keripik singkong merupakan salah satu produk yang sedang berkembang di pasar. Salah satunya di Desa Puntukrejo, kabupaten Karanganyar. Produsen keripik singkong di desa tersebut baru berjumlah satu orang yaitu usaha keripik singkong yang dimiliki oleh Bapak Ibnu Kurniawan dan belum memiliki nama UMKM. Kendala yang dihadapi oleh mitra yaitu pada proses pengemasan, produk masih dikemas dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan plastik dan lilin untuk merapatkan sisi kemasan. Oleh sebab itu, produk yang dihasilkan rawan dengan resiko ketengikan dan tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama (daya umur simpan rendah) yang berakibat pada penurunan kualitas produk. Selain itu, desain kemasan juga masih berbentuk sederhana dan kurang menarik. Padahal desain kemasan merupakan salah satu faktor penentu konsumen dalam membeli produk. Selain itu, adanya pandemi covid 19 menyebabkan omzet penjulan semakin menurun. Keterbatasan sumber daya manusia, juga menjadikan pembukuan/laporan keuangan mitra belum tercatat dengan baik serta pemasaran yang dilakukan belum mengoptimalakan digital marketing, sehingga jangkauan pemasaran belum terlalu luas. Maka dari itu, tim pengabdi mempunyai gagasan untuk bekerjasama dengan mitra untuk membuatkan desain kemasan yang menarik sehingga dapat meningkatkan daya beli konsumen yang berdampak pada peningkatan nilai tambah produk dan profitabilitas usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Participatory Rural Appraisal (PRA), yaitu sebuah metode pemberdayaan yang menekankan partisipasi aktif mitra dari perencanaan sampai dengan evaluasi program. Kegiatan utama dalam pengabdian ini dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama dengan menggunakan metode instruksional dan dialogyaitu melalui kegiatan sosialisasi optimasi desain kemasan menarik serta digital marketing. Tahap kedua dilakukan dengan pengemasan produk dengan desain kemasan baru. Tahap ketiga dilakukan pemasaran produk dengan mengoptimalkan digital marketing. Manfaat dari program ini adalah terwujudnya pemberdayaan masyarakat dengan pembuatan desain kemasan yang menarik dan digital marketing. Harapannya omzet penjualan mitra semakin meningkat. Luaran yang direncanakan dalam program ini adalah publikasi jurnal berISSN.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rizki Puspita Dewanti, Program Studi Diploma 3 Agribisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Diploma 3 Agribisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Hardian Ningsih, Program Studi Diploma 3 Agribisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Diploma 3 Agribisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Edi Paryanto, Program Studi Diploma 3 Agribisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Diploma 3 Agribisnis, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Sigied Himawan Yudhanto, Program Studi Diploma 3 Desain Komunikasi Visual, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Program Studi Diploma 3 Desain Komunikasi Visual, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret

Published
2021-11-30
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times