Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah Sebagai Solusi Bertahan Di Masa Pandemi COVID-19

  • Widhy - Wahyani Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sanny Andjar Sari Program Studi Teknik Industri D-III, Institut Teknologi Nasional Malang, Indonesia
  • Lila Ayu Ratna Winanda Program Studi Teknik Sipil S-1, Institut Teknologi Nasional Malang, Indonesia
Keywords: Pandemi COVID-19, social distancing, transformasi digital, media social, internet

Abstract

Selama pandemi COVID-19 UMKM Makanan Albar yang berlokasi di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang mengalami penurunan angka penjualan dan kesulitan memasarkan produknya. Terlebih selama pandemic COVID-19 diberlakukan social distancing untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 dan jumlah penderita COVID-19. Untuk menyikapi situasi dan kondisi yang tidak menentu dan ketidakpastian dalam bisnis UMKM tersebut maka kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu memberikan solusi kepada UMKM Makanan Albar untuk melakukan transformasi digital sebagai solusi bertahan selama pandemic, dengan cara memberikan pemahaman dan keterampilan mengenai internet, sarana dan prasarana digital, media social serta penggunaannya untuk promosi dan menjual produknya. Adapun kendala yang muncul adalah minimnya pengetahuan, pemahaman, serta skill pelaku UMKM serta terbatasnya sarana dan prasarana digital yang tersedia pada UMKM tersebut. Transformasi digital pada UMKM Makanan Albar ini direalisasikan dengan memanfaatkan media social diantaranya adalah Instagram, Facebook, WA business, dan sebagainya, sebagai sarana promosi dan menjual produknya, dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan pengetahuan dan pemahaman serta ketrampilan pelaku UMKM tersebut. Kegiatan ini menggunakan metode pendampingan pada pelaku UMKM dengan harapan pelaku UMKM mampu memanfaatkan dan mengoperasikan media sosial secara mandiri dalam melakukan promosi dan menjual produknya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-30
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times