Pemberdayaan Kelompok Pengrajin Batik Gedog Di Kerek Tuban Masa New Normal

  • Muslichah Erma Widiana Faculty of Economic and Business, Bhayangkara University, Indonesia
  • Nova Retnowati
  • Agus Slamet
Keywords: batik gedog, emarketing, brand awareness, pengabdian masyarakat

Abstract

Batik Gedog pembatikannya menggunakan pewarna alam menjadikan batik Gedog terlihat eksotis dan tidak bisa disamai oleh batik lainnya. Sayangnya keunggulan dan daya tarik batik gedog ini belum dibarengi dengan kesadaran penggunaan merek oleh beberapa pengrajin batik gedog di Tuban dalam memasarkan produknya belum semuanya menggunakan merek, pemasaran mereka masih sederhana menunggu konsumen datang, bahkan dalam pengaturan usaha masih dilakukan seadanya. Pada kesempatan ini tim pengabdian mengidentifikasi permasalahan-permasalahan tersebut dan mitra menyambut dengan semangat untuk dilakukan solusi agar terjadi peningkatan perekonomian para pengrajin dan peningkatan pendapatan asli daerah pula.Metode:studi pustaka, observasi, pendampingan, pelatihan, monitoring dan evaluasi di lapangan pada mitra dan kelompok pengrajin batik lainnya berkaitan dengan pentingnya merek, e-marketing dan pengetahuan manajemen. Bidang kepakaran tim pengabdi: manajemen pemasaran, manajemen keuangan, teknik lingkungan. Dengan program pengabdian ini pengrajin memiliki merek masing-masing, menghadapi era digital 4.0 yang semakin kompetitif dalam dunia usaha pemasaran secara online terbukti dapat mendongkrak penjualan, aktivitas usaha mitra dapat mengetrapkan ilmu manajemen antara lain adanya keteraturan pembukuan keuangan. Para pengrajin menyambut baik program pengabdian ini dan selalu aktif mengikuti pelatihan dan pendampingan penuh semangat dengan pelaksanaan prokes pada masa new normal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-31
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times