Penguatan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Berbantuan Media Lingkaran Pintar (Lingtar) dan Quizizz
Abstract
Kegiatan belajar mengajar matematika di MI Perguruan Mu’allimta seringkali masihdilakukan secara langsung, hal ini membuat kurangnya interaksi antara siswa dengan guru dan juga interaksi siswa dengan siswa lainnya. Hal ini mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa masih kurang memenuhi standart. Salah satau cara untuk mnumbuhkan interaksi ketika pembelajaran adalah emlalui media pembelajaran. Selain itu, Media pembelajaran diperlukan guru untuk menjadi alat bantu menyampaikan materi pelajaran. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk penguatan siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang berbantuan media lingkaran pintar dan di MI Perguruan Mu’allimat Cukir tahun pelajaran 2021-2022. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan siswa menjadi lebih antusias ketika belajar menggunakan media pembelajaran. Selain itu hasil belajar juga terdapat perbedaan cukup signifikan yaitu capaian nilai keterampilan siswa pada pertemuan pertama sebesar 25,16% dilihat dari nilai pretest siswa. Pencapaian pengetahuan siswa juga menunjukkan perbedaan dibuktikan dari capaian komulatif pretest sebesar 25,16% dan post test sebesar 63,23% siswa mampu mengembangkan kemampuan mengerjakan soal-soal dengan cepat dan tepat melalui latihan soal-soal dari media LINGTAR dan Quizizz