Upaya Meningkatkan Literasi Digital Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Brain Teaser
Abstract
Peningkatan kualitas pembelajaran bagi guru harus mampu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru diharapkan semakin kreatif dalam mengembangkan media pembelajaran. Penerapan teknologi pendidikan mempunyai arti besar dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Tidak ada alternatif lain kecuali memanfaatkan jasa teknologi dalam dunia Pendidikan, dan aplikasi yang bias digunakan sebagai media adalah Brain Teaser. SD N 2 Gemiring Lor masih mempunyai beberapa permasalahan, yaitu; belum maksimal dalam mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi, membutuhkan adanya inovasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran, tentunya hal tersebut dalam rangka peningkatan kualitas Pendidikan, dan belum mengenal aplikasi Brain treaser berbasis Android, sehingga tidak mempunyai ketrampilan pembuatan media pembelajaran. Penerapan teknologi pembuatan media pembelajaran game berbasis android brain teaser dilaksanakan melalui pelatihan dan pendampingan yang konsisten agar guru-guru SDN 2 Gemiring Lor, dengan Sosialisasi, Pelatihan, Penerapan teknologi, pendampingan, dan keberlanjutan program. Mitra berperan sebagai pendukung selama pelaksanaan program yaitu: sebagai peserta pendampingan dan pelatihan, sebagai subjek yang menghasilkan luaran berupa game berbasis Android Brain Teaser, sebagai Media pembelajarang sebagai upaya untuk meningkatkan literasi digital Guru. Luaran hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diperoleh HKI Aplikasi media pembelajaran game berbasis Android Brain Teaser yang sudah bersertifikat, dan Artikel Jurnal Pengabdian masih dalam proses tahapan pembuatan artikel.