Optimalisasi Kampanye Sosial dan Implementasi Aplikasi SIPRAJA Kabupaten Sidoarjo

  • Budi Santoso Universitas Dr.Soetomo
  • Sapto Pramono Universitas Dr.Soetomo
  • Sanhari Prawiradiredja Universitas Dr. Soetomo
  • Sayyidatul Khoiridah Universitas Dr. Soetomo
  • Sutarmin . Universitas Dr. Soetomo
Keywords: konten persuasif, Aplikasi Sipraja, media sosial, kampanye

Abstract

Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo berusaha mewujudkan tata Kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan tangkas dalam meningkatkan pelayanan publik dengan membangun Aplikasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA). Terdapat permasalahan pada proses implementasi operasional SIPRAJA khususnya di Kecamatan Taman, diantaranya adalah penyebaran informasi yang kurang maksimal pada operator desa dan masyarakat, moda pengenalan aplikasi yang memerlukan pengembangan, serta perlunya pendampingan bagi operator desa dan warga untuk proses entry data dan informasi. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengoptimalkan sosialisasi dan implementasi aplikasi tersebut di masyarakat. Metode yang digunakan adalah dengan pembuatan konten tambahan dalam bentuk animasi, tambahan informasi secara persuasif untuk menambah pengetahuan dan ketertarikan pengguna, penyebarluasan informasi operasionalisasi aplikasi, serta perluasan jangkauan kampanye sosial melalui kontak langsung melalui saluran komunikasi yang available (mediated campaign). Hasil yang didapat dari pengabdian ini berupa video-video animasi dalam beberapa akun media social, dan pendampingan mahasiswa kepada warga calon pengguna aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-31
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times