Pemanfaatan Digital Class Dalam Meningkatkan Soft Skill Guru TK Aisyiah X Jaten
Abstract
TK Aisyiah X Jaten yang berada di Jl. Getas Raya, Dusun V, Jaten, Kec. Jaten, Kabupaten Karanganyar Propinsi Jawa Tengah merupakan salah satu TK yang berkembang di wilayah Kecamatan Jaten. Proses kegiatan pembelajaran di TK Aisyiah X Jaten terganggu akibat adanya pandemi Covid-19. Dalam prosesnya kegiatan pembelajaran di TK Aisyiah X selama PPKM hanya dilakukan dengan metode pengambilan buku tugas siswa setiap minggu dan pelaporan kegiatan melalui pesan Whatsapp. Hal ini tentu saja tidak efektif karena siswa tidak dapat mendapat feedback secara langsung dari guru. Orang tua siswa juga merasa kesulitan untuk menyampaikan maksud dari tugas yang diberikan kepada anaknya. Tidak adanya pelatihan pembelajaran Digital Class dari dinas pendidikan terkait membuat guru menjadi bingung dan tidak tahu harus bagaimana menghadapi keterbatasan tatap muka dalam kondisi PPKM akibat pandemi Covid-19. Tujuan dari kegiatan ini yaitu pelatihan dan pendampingan mitra dalam hal ini guru TK Aisyiah X Jaten dengan memberikan pengenalan pengelolaan Digital Class serta pembuatan video pembelajaran yang dapat diunggah ke jaringan Youtube. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan mitra dalam memanfaatkan Digital Class menggunakan Google Classroom serta pembuatan video pembelajaran dengan Youtube. Melalui kegiatan ini mitra dapat memperbaiki proses pembelajaran yang berlangsung. Komunikasi dua arah dengan orang tua dan anak didik dapat berlangsung lebih baik setelah adanya pemanfaatan Digital Class pada Guru TK Aisyiah X Jaten.