Inovasi Teknologi dalam Pembelajaran Adab dan Akhlak melalui Media Komik Pixton sebagai Solusi Interaktif

  • Tri Sagirani Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia
  • Zakiyah Dania Billah Universitas Dinamika
  • Indhra Musthofa Universitas Islam Malang, Malang, Indonesia
  • Sri Hariani Eko Wulandari Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia
  • Wawan Wahyudi Efendi Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia
  • Panca Rahardiyanto Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan, Pasuruan, Indonesia
Keywords: Adab dan Akhlak, ChatGPT, Komik, Pixton

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi salah satu fokus utama pemerintah, terutama dalam pengembangan metode pengajaran yang inovatif. Teknologi informasi telah terbukti meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam proses belajar. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 27 Surabaya, sebuah institusi pendidikan berbasis pesantren, memiliki visi membentuk siswa yang berakhlak mulia dan cerdas. Untuk mendukung visi tersebut, dilakukan upaya peningkatan kualitas pengajaran adab dan akhlak melalui pelatihan guru dalam pembuatan media pembelajaran berbasis komik menggunakan aplikasi Pixton. Komik dipilih karena memiliki kelebihan dalam meningkatkan minat belajar siswa melalui pendekatan yang interaktif, fleksibel, dan kolaboratif. Pelatihan ini juga melibatkan penggunaan tools AI seperti ChatGPT yang digunakan dalam penyusunan skenario pembelajaran. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan keterampilan/ kompetensi digital guru dalam memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komik yang pada akhirnya meningkatkan minat siswa untuk belajar adab dan akhlak. Rekomendasi dari program ini adalah pengembangan penggunaan Pixton dan ChatGPT untuk media pembelajaran pada mata pelajaran lain, serta pendampingan berkelanjutan bagi guru dalam meningkatkan kompetensi teknologi informasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-14
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times