ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT TERHADAP SKENARIO PENGEMBANGAN SISTEM ANGKUTAN UMUM DI KOTA PALANGKA RAYA
Abstract
Konsep sistem transportasi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan menekankan kepada penggunaan angkutan umum secara luas, akan tetapi realita sangat bertentangan dengan perkembangan era trend motorisasi di negara Asia, khususnya penggunaan kendaraan pribadi jenis sepeda motor. Hal ini berkaitan erat dengan fungsi utilitas angkutan umum yang rendah sehingga tidak “menguntungkan†untuk digunakan. Kesuksesan di dalam penerapan kebijakan transportasi “yang berkelanjutan†di suatu kota bergantung dari situasi dan kondisi suatu kota tersebut serta pendekatan dan pemahaman karaktersitik prilaku masyarakat sehingga di dalam pengembangan sistem angkutan umum yang ada selain pertimbangan teknis dan ekonomis, mempertimbangkan preferensi dari masyarakat (sosial) merupakan bagian penting yang tidak boleh diabaikan. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk merespon preferensi masyarakat mengunakan model multinomial logit terhadap beberapa skenario pengembangan sistim angkutan umum di Palangka Raya berdasarkan skenario yang mempertimbangan pola jaringan jalan, karakteristik arus pergerakan lalulintas dan jenis tataguna lahan. Skenario tersebut akan dianalisis terlebih dahulu sebelumnya menggunakan AHP berdasarkan parameter kunci antara lain biaya, waktu perencanaan dan konstruksi, kapasitas penumpang, fleksibelitas, kecepatan, pengaruh terhadap perkembangan kota dan lingkungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis AHP dan analisis regresi terhadap respon masyarakat, pengembangan skenario sistem angkutan umum model Bus Rapid Transit menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan oleh pemerintah kota Palangka Raya. Salah satu faktor utama yang menjadi pertimbangan di dalam pelaksanaannya adalah kemampuan finansial kota. Kata kunci : AHP, Skenario , angkutan umum, BRTDownloads
Download data is not yet available.
Published
2015-06-09
Section
Articles