Influence of Internal Marketing on Marketing Performance with Branding Strategy in PT. Jayaland Sidoarjo

Main Article Content

Fabian Farandori
Muhadjir Anwar

Abstract

JAYALAND is a developer of the Puri Surya Jaya Gedangan Housing in Sidoarjo. Observing this business opportunity, the company has the opportunity to attract consumers' interest in purchasing housing products that have been built in the city of Sidoarjo. PT. Jayaland must understand the importance of marketing expenses and manage them to provide sustainable benefits for the company. The purposes of this study are 1) to find out and empirically test the influence of Internal Marketing on Marketing Performance at Puri Surya Jaya Housing PT. Jayaland Sidoarjo; 2) to find out and empirically test the impact of Internal Marketing on Marketing Performance with Branding Strategy as a moderating variable at Puri Surya Jaya Housing PT. Jayaland Sidoarjo. In this study, the sampling technique used a census where the sample members obtained were about 41 employees of the Puri Surya Jaya Housing Marketing Division PT. Jayaland Sidoarjo. The data analysis technique in this study used the Partial Least Square (PLS) method. This study concludes that Internal Marketing has a significant positive effect on marketing performance, and Branding Strategy as Moderating Variable has no impact on Marketing Performance.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdillah, W., dan J. Hartono, 2015, “Partial Least Square (PLS) - Alternatif Structural Equation Modelling (SEM) dalam Penelitian Bisnis”, Penerbit Andi: Yogyakarta.
Abdullah, Taufik, Gita Siswhara, Fitri Nur Asyifa, 2019, Increasing Consumer Purchase Decisions Through Positioning Brands, Tourism Scientific Journal, Vol 4 No 2.
Aji, Achmad Drajat, 2016, Peranan Internal Marketing Dalam Kaitannya Dengan Kinerja Pemasaran, Jurnal bisnis dan manajemen, Fakultas Blsnls Dan Manajemen Universltas Widyatama.
Almaulidta, Ayu, Suharyono, Edy Yulianto, 2015, Pengaruh Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Program Strata 1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Menggunakan Produk Elektronik Merek Sony) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 3 No. 1 Maret 2015.
Anggraini, Nia, Marnis, Samsir, 2014, Strategi Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Orientasi Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Kinerja Usaha Serta Dampaknya Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Industri Jasa Salon Kecantikan Dan Spa di Kota Pekanbaru), Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan.
Ardiansyah, R. 2017. Pengaruh Internal Terhadap Kinerja Pemasaran Sepeda Motor Honda. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 1(1): 149-162.
Crainer, S., & Dearlove, D., 2015. The Ultimate Book of Business Brands: Insights from The World‘s 50 Greatest Brand. United Kingdom. Capstone.
Danang Kurniawan, Mudiantono, 2018, Analisis Pengaruh Inovasi dan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Orientasi Pasar dan Penggunaan Erp Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Semarang), Diponegoro Journal Of Management, Volume 7, Nomor 4, Tahun 2018, Halaman 1-12
Febriani, Widiya Rahmawati, Hafrizal Okta Ade Putra, 2018, Dampak Pengendalian Kualitas Produksi dan Pengembangan Produk Gambir Dalam Peningkatan Kepuasan Konsumen Pada Unit Usaha Jasa Dan Industri Andalas Farma, Jurnal Manajemen, Vol 8, No 2 (2018): 88 – 96
Ghozali, Imam, 2014, Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square Edisi 3, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller,(2017), Manajemen Pemasaran edisi 13 Jilid 1 & 2.Jakarta: Erlangga
Merakati, Indah, Rusdarti, Wahyono, 2017, Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran, Journal of Economic Education, JEE 6 (2) (2017) 114 – 123.
Naashir, Muhammad, Istiatin, Sri Hartono, 2016, Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelia Sepeda Motor Pada Dealer Honda Astra Motor Palur, Jurnal Studi Manajemen & Organisasi 13 (2016) Juni 80 -87.
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nulufi, Kris, 2015, Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Brand Image Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik Di Pekalongan (Studi Kasus pada Konsumen International Batik Center dan Pasar Grosir Setono), Jurnal Ekonomi dan Manajemen Vol 3, No 2.
Qiu, Jingqi, Chris Storey, Achilleas Boukis, 2021 Internal Marketing: A Systematic Review, The Journal of Marketing Theory and Practice · February 2021, DOI: 10.1080/10696679.2021.1886588
Rahmadhani, Yuri, 2017, Strategi Branding Portal Online www.tripriau.com dalam Membangun Brand Awareness Sebagai Portal Online Pariwisata Provinsi Riau, JOM FISIP Vol. 4 No. 1 Februari 2017
Rosalina, Sherly Dam Hartono Subagio, 2016, Analisa Pengaruh Product Image Terhadap Purchase Intention Dengan Trust Sebagai Variabel Intevening Pada Blesscon Pt. Superior Prima Sukses, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1, No. 1, (2016) 1-11
Salijana, Rosyida, 2019, Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Komitmen Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Situbondo. Tesis Universitas Negeri Jember 2019.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranoto, Meike, 2009, Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi wirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di Kota Semarang). Published Tesis S2, Universitas Diponegoro, Semarang.
Supriyadi; Wahyu Wiyani; Ginanjar Indra K.N. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 4(1): 74-85.
Susanti, Erna, Dimas Perdana Oskar, 2018 Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Merek Umkm (Studi Kasus: Pusat Oleh - Oleh Kota Padang), IKRAITH EKONOMIKA Vol 1 No 2 Bulan November 2018
Utami, Mega Arti, 2015, Pengaruh Perceived Service Quality Terhadap Unibrand Performance Melalui Satisfaction Pada Universitas Swasta, Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa Volume 8, No.2.
Victory, Vicke dan Diah Dharmayanti, 2014, Analisa Pengaruh Internal Marketing Terhadap Organizational Performance Dengan Rebranding Dan Market Orientation Sebagai Variable Intervening Pada Departemen Sales & Marketing Di Hotel Grand Aston Bali Beach Resort, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 2, (2014)
Wardi, Yunia. (2014). Membangun Personal Branding Melalui Iklan. Jurnal Dinamika Manajemen 5 (1): 100-109.
Widowati, Maduretno, Agus Budi Purwanto, 2014, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dengan Visual Merchandising Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Minimarket Alfamart Di Kota Semarang), Jurnal Fokus Ekonomi Vol. 9 No. 1 Juni 2014 : 65 – 80
Wijaya, Zendy Tedja, 2018, Penyusunan dan Implementasi Strategi Branding Produk Kuliner dalam Membentuk Brand Knowledge sebagai Oleh-Oleh Khas Kabupaten Madiun (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Penyusunan dan Implementasi Strategi Branding Brem “Tongkat Mas” dalam Membentuk Brand Knowledge sebagai Brem Khas Kabupaten Madiun), Journal Universitas Atma Jaya Yogyakarta Vol 1, No 1
Wirawan, Yahya Reka, 2017, Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Batik di Kabupaten Jombang. Journal Equilibrium, Volume 5, Nomor 1, Januari 2017.