THE EFFECT OF SPEED AND AGE ON ACCIDENT RATES

Main Article Content

Bambang Hermanto
Leksmono Suryo Putranto
Dadang M. Ma'soem

Abstract

Kecelakaan merupakan salah satu parameter yang menunjukan baik atau tidaknya kondisi keselamatan jalan. Di Indonesia, jumlah kecelakaan jalan masih tergolong tinggi, sehingga diperlukan penanganan yang serius terkait hal tersebut. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecelakaan jalan, namun di dalam penelitian ini hanya akan melibatkan dua faktor saja yaitu usia dan kecepatan. Kecelakaan di dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu kecelakaan ringan dan kecelakaan berat. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah multinomial logit model dengan menggunakan pendekatan dua skenario pemodelan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel usia cenderung akan meningkatkan resiko kecelakaan ringan dibandingkan kecelakaan berat. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tua usia seseorang akan meningkatkan resiko kecelakaan ringan. Namun variabel kecepatan justru sebaliknya, cenderung meningkatkan resiko kecelakaan berat jika dibanding dengan kecelakaan ringan. Ini menunjukkan bahwa semakin sering seoseorang berkendara dengan kecepatan yang tinggi cenderung akan meingkatkan resiko terjadinya kecelakan berat yang menimbulkan kematian. Kedua variabel secara bersama-sama memberikan sumbangan yang signifikan terhadap peningkatan resiko terjadinya kecelakaan.


Kata kunci: usia, kecelakaan, multinomial logit, kecelakaan ringan, kecelakaan berat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aarts, L., & Van Schagen, I. (2006). Driving Speed and The Risk of Road Crashes: A review. Accident Analysis & Prevention, 215-224.
Bucsuhazy, K., Matuchova, E., Zuvala, R., Moravcova, P., Kostikova, M., & Mikulec, R. (2020). Human Factors Contributing to The Road Traffic Accident Occurance. AIIT 2nd International Congress on Transport Infrastructure and Systems in a changing world (TIS ROMA 2019), 23rd-24th September 2019, Rome, Italy (pp. 555-561). Roma: Elsevier B.V.